nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Khas Indonesia Pengganti Nasi, Papeda Salah Satunya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963206 makanan-khas-indonesia-pengganti-nasi-papeda-salah-satunya-CBndurpc89.jpg Papeda Makanan Khas Indonesia (Foto: Ist)

NASI pada umumnya merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Semua orang akan mengonsumsi nasi sebagai sumber utama karbohidrat yang mengenyangkan. Masyarakat biasanya akan menambahkan lauk pauk dan juga sayuran untuk menambah nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Meski demikian, tidak semua masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Beberapa masyarakat di daerah lain memiliki bahan makanan tersendiri yang mereka konsumsi sebagai pengganti nasi. Tentunya makanan ini sangat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

Sebenarnya bukan hanya nasi, berbagai macam makanan lainnya juga bisa menjadi alternatif yang tepat untuk digunakan. Untuk menjawab rasa penasaran kalian, Okezone akan merangkum beberapa makanan khas non nasi dari berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga :

1.Papeda

Mungkin nama papeda sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, papeda sering disebut sebagai bubur sagu. Papeda ini memiliki tekstur kenyal dan lengket layaknya lem kanji. Makanan ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat di Maluku dan sekitarnya sebagai makanan pokok mereka pengganti nasi.

Cara mengonsumsi papeda juga beraneka ragam. Biasanya masyarakat menambahkan kuah ikan berwarna kuning sebagai teman lauknya. Rasa papeda yang cenderung tawar akan terasa nikmat jika ditambahkan dengan aneka kuah lauk di atasnya.

2.Talas kukus

Talas kuku merupakan salah satu penganan yang biasanya disantap oleh masyarakat Bogor, Jawa Barat. Daerah yang biasa disebut dengan kota hujan tersebut memang terkenal sebagai penghasil talas yang baik. Orang Bogor yang notabene Sunda, biasanya menyebut talas kukus dengan nama seupan tales.

Talas yang sudah dibersihkan dan di kukus sebenarnya sudah dapat langsung dihidangkan. Namun, karena kemajuan teknologi dan bisa menjangkau masyarakat kekinian, maka talas kukus biasanya ditambahkan dengan keju parut, meses dan juga susu kental manis.

3.Sawut

Bila Anda pernah ke Madura maka sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Sawut merupakan jajanan khas Madura yang terbuat dari singkong. Anda yang ingin merasakan nikmatnya mengonsumsi sawut tidak perlu merogoh kocek cukup dalam. Pasalnya Anda hanya bermodalkan singkong gula merah dan kelapa parut agar bisa menikmati makanan khas ini.

4.Kasoami

Kasoami adalah makanan khas yang berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Makanan ini terbuat dari ubi jalar yang dibentuk kerucut atau gepeng. Kasoami adalah makanan pokok masyarakat Wakatobi sebagai pengganti nasi, namun makanan tinggi karbohidrat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai teman minum teh dan kopi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini