nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bosan Makan Nasi, Coba Bikin Bubur Ayam Gurih Yuk! Ini Tips dan Resepnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963248 bosan-makan-nasi-coba-bikin-bubur-ayam-gurih-yuk-ini-tips-dan-resepnya-kF6qqiCApO.jpg Bubur Ayam (Foto: Chouhound)

BUBUR ayam tidak dipungkiri adalah salah satu jenis makanan yang begitu akrab di lidah masyarakat Asia, salah satunya Indonesia.

Di sini, yang namanya bubur ayam bisa disantap tak kenal waktu. Bisa sebagai hidangan sarapan di pagi hari, menu makan siang, ataupun tak masalah juga disantap sebagai menu makan malam. Bubur ayam bahkan juga biasanya jadi menu andalan saat sedang jatuh sakit dan tidak berselera untuk makan.

Membuat bubur ayam sendiri di rumah, namun tetap enak dan gurih seperti yang biasa dibeli di luaran sebetulnya susah-susah gampang. Kuncinya adalah mengetahui trik dalam menghasilkan bubur yang gurihnya pas dan enak.

BACA JUGA:

 Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Rahasia memasak bubur ayam yang gurih dan enak sebetulnya tidaklah sulit, sebagaimana dihimpun Okezone dari berbagai sumber, kuncinya ada di pemakaian bahan tambahan, teknik mengaduk, dan pemakaian api saat memasak bubur.

Pertama, mengingat bubur nasi itu pada dasarnya memiliki rasa manis alami sehingga untuk mendapatkan rasa gurih yang pas, bahan tambahan seperti ayam bisa digunakan. Namun, sebagai catatan daging ayam ini ditambahkan dalam keadaan mentah loh!

Bukan dimasukkan ke dalam bubur dengan keadaan sudah direbus sebelumnya. Tahap yang benar adalah, bubur dimasak duluan hingga matang baru kemudian daging ayam mentah dimasukkan ke dalam bubur matang yang masih panas tersebut.

Suhu bubur yang masih panas disebutkan akan membuat daging ayam sebagai bahan tambahan jadi matang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dengan memasukkan ayam mentah, kandungan kaldu yang ada pada daging ayam diketahui akan seluruhnya menyatu dengan baik dengan bubur. Berbeda jika ayam yang dimasukkan sudah dalam kondisi matang, kandungan kaldu ayam pada dasarnya sudah hilang sehingga rasa ayam itu sendiri sudah kurang lezat.

Trik selanjutnya ialah cara mengaduk, yang namanya memasak bubur itu ternyata tidak boleh dimasak di atas api kompor besar atau sedang. Pasalnya, bubur harus terus-menerus diaduk menggunakan api kecil. Cara mengaduknya pun tidak sembarangan, gerakan mengaduk bubur haruslah gerakan searah yang dilakukan sejak dari mulai masih berbentuk beras sampai lembut menjadi bubur. Dengan metode ini, bubur ayam bukan hanya punya rasa yang gurih namun juga tekstur yang pas, halus dan tak menggumpal.

Penasaran ingin mencoba memasak bubur ayam gurih sendiri di rumah? Mengutip Masakjourney, berikut uraian resep cara membuat bubur ayam oriental

 

Bubur ayam oriental

Bahan-bahan;

1 cup beras (175-185 gram)

5 cup air (1,1 liter)

Fillet daging ayam, paha atau dada, secukupnya (potong berbentuk dadu);

Bumbu-bumbu

1 ruas jari jahe;

1 sendok makan minyak wijen;

2 sendok makan kecap asin;

1 sendok teh gula pasir;

Lada, secukupnya;

Bahan taburan;

Kerupuk pangsit kecil-kecil;

Cakwe;

Kecap manis dan asin;

Kacang kedelai goreng;

Tongcai;

Bawang goreng;

Daun bawang;

Seledri

Cara membuat;

1. Masukkan beras dan air ke dalam panci (rasio 1:5), masukkan potongan jahe yang sudah diiris-iris tipis;

2. Rebus beras dengan menggunakan api kecil, aduk terus;

3. Sembari menunggu beras melunak, bumbui fillet ayam setelah itu dibumbui dengan minyak wijen, kecap asin, dan perasan jeruk nipis;

4. Bungkus fillet ayam yang sudah dicampur dengan bumbu, masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih satu jam agar bumbunya meresap sempurna;

5. Setelah kurang lebih satu jam, baru masukkan fillet daging ayam ke dalam bubur, aduk merata;

6. Aduk terus, masukkan gula dan lada secukupnya sesuai selera;

7. Setelah matang, sajikan dengan bahan taburan sebagai pelengkap.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini