nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Makanan Pokok Beberapa Daerah di Indonesia, Pernah Coba?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 00:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963251 mengenal-makanan-pokok-beberapa-daerah-di-indonesia-pernah-coba-t23HNt9Go8.jpg Sakelan (Foto: Jabarprov)

KEANEKARAGAMAN bangsa Indonesia bisa terlihat dari karakter masyarakat di setiap daerah. Mulai dari bahasa hingga makanan yang dikonsumsi bisa sangat jauh berbeda.

Hal ini tentu berkaitan juga dengan kearifan lokal setiap daerah tersebut. Bicara mengenai makanan pokok setiap daerah, ini menjadi menarik karena ternyata tidak semua orang Indonesia makan nasi.

Ya, seperti beberapa daerah berikut ini yang ternyata mengonsumsi makanan lain selain nasi dan makanan tersebut dijadikan makanan pokok mereka. Okezone coba merangkumnya khusus untuk Anda

1. Tiwul

Bagi mereka yang tinggal di daerah Pacitan, Jawa Timur, bukan nasi yang mereka jadikan alasan "perut kenyang", tapinya tiwul. Makanan ini adalah tepung singkong yang dikukus. Bicara mengenai rasa, tiwul ini rasanya gurih dan agak manis. Sedikit informasi, pada saat penjajahan Jepang dulu, tiwul pernah jadi makanan pokok seluruh masyarakat Indonesia, lho. Sudah pernah makan belum?

tiwul

(Foto: Bukalapak)

2. Sakelan

Jika Anda baru mendengar makanan yang satu ini, bisa dijelaskan bahwa sakelan adalah nasi jagung. Mereka yang menjadikan sakelan sebagai makanan pokok adalah masyarakat yang tinggal di Desa Sigedong, Temanggung, Jawa Timur.

Masyarakat di daerah ini bahkan lebih cinta nasi jagung dibandingkan nasi biasa. Bagi mereka, nasi jagung jauh lebih bisa memberi energi dan tenaga dibandingkan nasi biasa. Bisa dibilang, nasi jagung itu bikin perut kenyang lebih lama.

sakelan

(Foto: Jabarprov)

3. Sagu

Mereka yang mengonsumsi sagu sebagai makanan pokoknya adalah masyarakat Maluku dan Papua. Masyarakat di dua wilayah ini mengonsumsi sagu karena makanan ini yang paling banyak ada di sana.

Ada istilah khusus mengenai sagu ini. Masyarakat di Maluku dan Papua menyebut sagu sebagai Papeda dan makan Papeda berarti Anda mengonsumsi makanan yang sangat besar. Ya, sama seperti Anda makan nasi. Makan papeda makin enak ketika Anda mencampurnya dengan ikan kuning dan sayur ganemo. Sedaaap!

sagu

(Foto: Sukabumikab)

4. Eloi

Jika tadi kita bermain ke Timur, kini kita ke tengah Indonesia. Ya, di daerah Kalimantan pun masyarakatnya ternyata ada yang tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Adalah di Nunukan, Kalimantan Utara.

Di sana, masyarakatnya mengonsumsi makanan bernama Eloi sebagai pengganti nasi. Eloi ini adalah makanan yang terbuat dari parutan singkong yang diambil tepung patinya. Sekilas bentuknya mirip dengan papeda.

eloi

(Foto: Jivakalpa)

5. Pisang Gapi

Nah, kalau di daerah Sulawesi, masyarakat di daerah Sangir, Sulawesi Utara, mengonsumsi pisang Gapi sebagai makanan pokoknya. Jangan heran kalau Anda mampir ke daerah ini Anda akan disuguhkan pisang.

Uniknya lagi, pisang yang Anda makan itu akan disandingkan dengan lauk pauk. Ya, sama seperti Anda makan lauk dengan nasi. Terbayang? Ada hal yang mesti diketahui di sini bahwa sebelum memakan pisang gapi, Anda mesti merebusnya terlebih dulu. Duh, enak pasti!

pisang

Ilustrasi (Foto: Snopes)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini