nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Umbi-umbian Seperti Kentang Tidak Boleh Dipanaskan

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963257 ini-alasan-umbi-umbian-seperti-kentang-tidak-boleh-dipanaskan-kTA5OgswJ8.jpg Ilustrasi (Foto: Pinterest)

JIKA memasak terlalu banyak, orang-orang cenderung akan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, tidak semua makanan aman untuk disimpan dan kemudian dihangatkan lagi keesokan harinya. Jadi Anda perlu berhati-hati, karena ada beberapa makanan yang akan menimbulkan bakteri yang tidak baik untuk tubuh apabila Anda menghangatkannya kembali.

Salah satu makanan yang tidak baik untuk Anda simpan dan hangatkan kembali adalah kentang. Dilansir dari Sbs, Sabtu (13/10/2018), meskipun kentang memang umumnya aman untuk dimakan keesokan harinya, ada dua keadaan di mana kentang dapat menjadi masalah apabila dipanaskan.

Masalah yang pertama adalah ketika kentang tidak disimpan di lemari es setelah dimasak. Hal ini akan menimbulkan bakteri yang berbahaya yaitu clostridium botulinum. Zat ini akan tumbuh di tempat yang rendah oksigen, seperti bila Anda membungkus kentang dengan aluminium foil kemudian memasaknya, dan mendiamkannya di dalam aluminium foil, hal ini dapat menyebabkan penyakit yang bahkan hingga mengancam nyawa.

 (Baca Juga:Jangan Keliru, 5 Jenis Buah Ini Sering Disangka Sayuran)


Kasus yang terkenal terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1994. Ketika 30 tamu di sebuah restoran Yunani jatuh sakit secara bersamaan. Bahkan, empat di antara mereka memerlukan bantuan medis yang lebih serius. Mereka jatuh sakit setelah mengonsumsi saus kentang yang disajikan di restoran Yunani tersebut.

Sebuah makalah tentang insiden itu menyatakan, “pembentukan racun dalam saus kentang itu dari memanggang kentang yang dibungkus di dalam aluminium foil. Tampaknya beberapa hari sebelum kentang tersebut disajikan".

 (Baca Juga:Sayap Ayam Jangan Dibuang, Dibikin Chicken Wings Saus Teriyaki Aja)

Memakan kentang yang dibungkus aluminium foil sebenarnya baik-baik saja. Tetapi jika Anda tidak habis memakannya dan berencana menyimpannya di lemari es lalu menghangatkannya esok hari, hal itu akan berbahaya bagi Anda karena makanan itu akan berubah menjadi racun untuk Anda.

Sebaiknya apabila Anda memasak kentang, konsumsilah selagi hangat. Jangan biarkan sampai dingin dalam waktu yang lama. Apabila kentang dipanaskan, hal itu tidak baik untuk kesehatan karena akan ada kontaminan atau bakteri yang tumbuh di dalam kentang tersebut.

Jika Anda mengupas dan membersihkannya dengan baik, hal tersebut mungkin akan menghilangkan bakteri di dalam kentang tersebut. Tetapi apabila Anda membiarkan kentang tidak dalam suhu yang baik, bakteri tentu akan tumbuh kembali.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini