nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bosan Dijadikan Nasi? Intip Olahan Beras yang Bisa Kamu Santap dengan Lahap!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963264 bosan-dijadikan-nasi-intip-olahan-beras-yang-bisa-kamu-santap-dengan-lahap-ZAz9DEGZHL.jpg Nasi (Boldsky)

BERAS menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Mayoritas masyarakat yang mengonsumsi beras membuat butir padi ini tidak hanya dijadikan nasi untuk dimakan bersama lauk pauk saja, tapi masyarakat juga memiliki kreasi masakan yang terbuat dari beras.

Setiap daerah memiliki olahan beras khasnya masing-masing. Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, berikut lima olahan beras yang cukup banyak penggemarnya, apa saja ya?

 Baca juga: Intip Daftar Makanan yang Disajikan saat Royal Wedding Putri Eugenie dan Jack Brooksbank

1. Ketupat

ketupat (valentino.blogspot)

Lebaran tiada lengkap tanpa ketupat, begitu kiranya yang terasa bagi masyarakat yang memiliki tradisi memakan ketupat ketika hari raya tiba. Ditemani semur daging, opor ayam, daging rendang, dan diberi taburan bawang merah goreng, rasa ketupat menjadi begitu membuai lidah. Masyarakat yang biasanya tidak pernah lupa menghadirkan ketupat saat lebaran, yaitu masyarakat Pulau Jawa.

2. Burasa

Cukup asing terdengar memang burasa. Tapi, makanan yang berasal dari Makassar ini pun masih terbuat dari beras. Sekilas melihat burasa mirip dengan lontong. Bedanya, bentuk burasa persegi dan agak pipih, kalau rasanya sih jangan ditanya, pasti enak! Apalagi kalau dimakan bersama coto Makassar atau bakso, maknyus!

 Baca juga: Susah Dapatkan si Dia? Simak Tips ini untuk memenangkan Hati Wanita!

3. Lontong

 Lontong (Blogspot)

Sepertinya hampir tiap masyarakat yang hidup di Pulau Jawa sudah pernah memakan lontong. Olahan beras yang dibungkus daun pisang ini biasanya jadi teman makan beragam makanan, seperti gado-gado, lontong sayur, tahu lontong, ketoprak, lontong balap, lontong cap go meh, dan masakan lainnya yang menyertakan lontong di dalamnya, coba sebutkan?

4. Lepet

Lepet

Lepet ada yang terbuat dari ketan. Kudapan ini merupakan makanan kebanggaannya tiga etnis di tanah Jawa, yaitu Betawi, Jawa, dan Sunda. Sekilas bentuk lepet mirip dengan lontong. Namun, isi dan bungkusnya berbeda. Lepet berisi ketan yang teksturnya liat dan lengket, rasanya pun manis.

 Baca juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

5. Lemang

Lemang

Bicara lemang maka pikiran langsung tertuju pada daerah-daerah di Pulau Sumatera yang masih kental dengan budaya Melayu. Lemang pun mirip dengan ketupat yang hadirnya selalu dinantikan saat Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Lemang terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang, kemudian dimasak di dalam buluh bamboo yang telah dibersihkan bagian dalamnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini