nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minuman Bir Ini Dibuat dari Roti Sisa, Mau Coba?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 19:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963272 minuman-bir-ini-dibuat-dari-roti-sisa-mau-coba-VNMd78rftd.jpg Bir (Foto: Metro )

SALAH satu limbah yang paling banyak dihasilkan manusia di bumi ini, adalah limbah sisa makanan. Limbah sisa makanan ini bukan hanya dari sisa makanan yang tak layak lagi dikonsumsi, tetapi juga sisa makanan yang terpaksa dibuang karena tidak dihabis dikonsumsi.

Dengan sedikit kreasi, sebetulnya sisa makanan yang terbuang sia-sia ini bisa dibuat sedemikian rupa menjadi produk baru yang bisa dikonsumsi. Seperti yang dilakukan oleh sebuah pabrik pembuatan minuman bir di Skotlandia, Bute Brew Co.

Sebagaimana dilapor Metro, Jumat (12/10/2018) Bute Brew Co mencoba untuk menghadirkan solusi atas permasalahan limbah makanan, dengan membuat bir dari sisa roti. Dalam pembuatan minuman bir tersebut, Bute Brew Co menggunakan sisa kelebihan roti yang disumbangkan dari toko roti lokal Co-op lokal untuk membuat minuman bir yang diberi nama '‘Thorough Bread’, minuman bir dengan kandungan alkohol 5,1 persen.

 BACA JUGA:

3 Kedai Mi di Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan!

Memiliki ide kreatif untuk membuat minuman bir dari sisa roti ini, disebutkan dilatar-belakangi karena sang pemilik pabrik bir, Aidan Canavan merasa dirinya harus mempraktekkan suatu upaya nyata untuk mengurangi limbah roti di pulau itu.

Proses pembuatan minuman bir dari sisa roti-roti ini melalui proses seperti mulai dari pengumpulan roti, pemotongan, lalu kemudian dipanggang di dalam oven pizza di waktu akhir pekan.

Pemanfaatan roti ini disebutkan sebagai bahan pengganti beberapa malt yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan bir.

 

Aidan menyebutkan, dengan membuat minuman bir baru menggunakan limbah makanan ini, sejatinya telah membuka mata perusahaan terhadap masalah limbah.

"Bir roti ini muncul setelah diskusi tentang volume limbah roti yang dibuang ke tempat pembuangan sampah di sini di Isle of Bute. Mengingat tempat ini adalah destinasi wisata untuk turis, yang mana artinya persediaan roti harus cukup untuk para pengunjung di akhir pekan. Namun jika cuaca sedang buruk, dan sepi pengunjung akhirnya penjualan roti menurun dan membuat roti-roti berakhir di tempat sampah," ungkap Aidan.

Selain terinspirasi karena melihat volume limbah roti di lingkungan sekitarnya, Aidan juga terinsipirasi oleh juru koki ternama Jamie Oliver yang pernah tampil di sebuah acara tayangan televisi menggunakan roti basi untuk membuat minuman bir.

Lalu bagaimana dengan respon masyarakat terhadap minuman bir yang dibuat dari roti sisa ini? Well, diungkapkan Aidan ternyata masyarakat merespon baik minuman bir '‘Thorough Bread’ ini, sebab nyatanya bir begitu cepat habis terjual. Kemungkinan hal ini dikarenakan cita rasa lain dari bir ini sendiri.

BACA JUGA:

Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

"Hasilnya bagus, bir memiliki kedalaman rasa lain yang dibawa oleh gula yang dipanggang dalam roti. Jadi sekarang kami memiliki bir yang sangat enak.Pelanggan menyukai bir ini, batch pertama habis lebih cepat dari yang kami bayangkan dan pelanggan meminta lebih banyak," imbuh Aidan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini