nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Icip-Icip Makanan Pengganti Nasi, Dijamin Tetap Kenyang, Sehat dan Yummy

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 17:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963278 icip-icip-makanan-pengganti-nasi-dijamin-tetap-kenyang-sehat-dan-yummy-dPoovNbD4P.jpg

"Belum kenyang kalau belum makan nasi." Selalu lontaran kalimat tadi yang keluar ketika orang Indonesia menambah porsi makan.

Kalau Okezoners masih beranggapan sama, coba deh papeda, talas kukus, sawut atau kasuami. Apaan tuh? Yang disebut tadi adalah varian makanan tradisional otentik Indonesia. Rasanya sangat mengenyangkan! Sebabnya karena makanan tadi sumber karbohidrat dari sagu, talas, singkong sampai kentang.

Artinya, banyak sumber pangan pengganti nasi di berbagai wilayah Indonesia. Mengapa Okezoners perlu tahu ragam makanan pengganti nasi? Soalnya terlalu banyak mengonsumsi nasi akibatnya kurang baik untuk kesehatan. Maka, simak dan baca baik-baik edisi Okezone Weekend bertema Makanan Alternatif biar bisa survive.

Olahan umbi-umbian sebagai pengganti beras ternyata enggak hanya tampil simpel. Bahan tadi bisa diolah menjadi makanan mewah. Ada pie ketela ayam, ketela lasagna, pizza singkong, cake ketela, lava cake dari tepung ketela alias mocaff, dan beberapa makanan ala Western. Sstt.. Okezone bocorin resepnya juga buat Okezoners.

Camilan kekinian dari talas yang punya nama keren dari Jepang, taro pun patut dicoba. Ada tallas roll, macaron taro, Mille Crepes Taro, dan puding taro. Luar biasanya tanaman yang merambat di bawah tanah ini naik kelas dengan masuknya menu-menu tadi di beberapa resto khusus yang menjual masakan dari umbi. Lagi-lagi Okezone punya list tempat-tempat makan umbi dengan cara asyik!

Makanan alternatif pengganti nasi tidak hanya berupa umbi-umbian saja. Beberapa jenis sayur dan tanaman palawija bisa dimanfaatkan untuk mengenyangkan perut lebih sehat. Ada wortel, lembayung, jamur hingga jagung yang bisa dikreasikan menjadi salad sampai cake manis. Yummy ...

Kalau memang Okezoners penganut garis keras golongan nasi, tetap Okezone pilihkan jenis-jenis beras yang punya kadar karbohidrat lebih rendah. Tapi, jangan kelupaan buat baca artikel efek samping kebanyakan makan nasi tinggi karbohidrat, biar tercerahkan dan nggak mengalami fobia nasi. Wah apaan tuh?

Nah, kalau Okezoners sudah sampai fase fobia nasi, tak ada salahnya bekreasi dengan kacang-kacangan pengganti nasi. Lantaran pilihannya banyak, dari kacang polong, kacang merah, kacang ijo, sampai kacang tanah.

Satu lagi bahan pangan yang populer akibat dicontohin artis-artis Barat, ya gandum. Olahan utuhnya dikenal dengan oatmeal. Kalau di Indonesia sih yang laku gandum berupa roti gandum ataupun biskuit gandum.

(Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia)

Perut orang Asia sepertinya memang harus diganjal dengan bahan karbo. Sebagai penggantinya, mie masih menjadi makanan favorit nomor dua setelah nasi. Etapi kalau dikonsumsi setiap hari, sehatkah?

Biar nggak terus bertanya-tanya sendiri dalam hati, Okezoners memang harus cari beragam artikel tentang makanan-makanan tadi. Cukup klik kanal lifestyle.okezone.com pada hari Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Oktober 2018 besok. So, stuck with rice or not?!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini