nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Selalu Nasi, 5 Makanan Ini Juga Sumber Karbohidrat

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 00:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963325 tak-selalu-nasi-5-makanan-ini-juga-sumber-karbohidrat-nwHjJ8fHxl.jpg Ilustrasi (Foto: Marthastewart)

HINGGA saat ini, nasi masih menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Akan tetapi, terkadang tidak semua orang mendapatkan akses untuk mengonsumsi sumber karbohidrat tersebut. Mungkin banyak orang merasa bingung karena karbohidrat merupakan bahan bakar untuk menghasilkan energi.

Tapi sebenarnya karbohidrat bukan hanya berasal dari nasi. Manusia tetap bisa mendapatkan makronutrien itu dari sumber makanan lain. Berikut ini beberapa makanan sumber karbohidrat seperti yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Sabtu (13/10/2018) :

Kentang


Bahan makanan yang satu ini cukup sering dijadikan pengganti nasi. Terutama oleh mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Dalam 100 gram kentang mengandung 17 gram karbohidrat.

Selain itu, ada pula nutrisi penting lainnya seperti vitamin B6, B1, B3, dan B5, vitamin C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, serta zat besi. Dengan begitu, kentang baik untuk otak, tulang, dan jantung.

 (Baca Juga:Mengenal Sosok Sophie Cabot, Pendesain Kue Pernikahan Putrie Eugenie)

Ubi


Kandungan karbohidrat pada ubi lebih tinggi yaitu 37 gram per 100 gram. Ubi juga tinggi akan vitamin A, vitamin B1, B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, kalium, dan berbagai nutrisi lain. Ubi diklaim dapat menurunkan kadar gula dan tekanan darah, meningkatkan kesuburan dan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata dan kulit, bahkan mencegah kanker.

Singkong


Satu lagi bahan makanan yang sering dijadikan pengganti nasi. Singkong mengandung 34 gram karbohidrat per 100 gram-nya. Kandungan pada singkong antara lain fosfor, karbohidrat, kalsium, vitamin C, dan protein. Serat yang tinggi pada singkong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Indeks glikemik singkong juga rendah sehingga cocok untuk penyandang diabetes dalam menjaga kadar gula darah.

 (Baca Juga:3 Kedai Mi di Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan!)

Jagung


Dahulu konsumsi nasi jagung cukuplah populer. Dalam 100 gram jagung terdapat 74 gram karbohidrat. Selain itu ada kandungan lain seperti zink, fosfor, kalsium, serta vitamin B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Serat pada jagung dapat membantu Anda menurunkan kolesterol dan mengatasi susah buang air besar.

Sagu


Di Indonesia bagian Timur yaitu Maluku dan Papua, sagu merupakan makanan pokok pengganti nasi. Sagu memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 94 gram dalam 100 gram. Sayang sagu rendah akan vitamin lain sehingga konsumsi makanan lain sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini