nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayam Kecap Spesial, Rekomendasi Menu untuk Akhir Pekan

Noor Chotijah , Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 20:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963344 ayam-kecap-spesial-rekomendasi-menu-untuk-akhir-pekan-LZ8L2IPBgP.jpg Ayam kecap untuk akhir pekan (Foto:Ilustrasi/Ist)

AYAM  dengan bumbu kecap ini sangat mudah dibuat, bahkan sering kali disajikan saat acara-acara besar, karena sudah pasti banyak yang menyukainya.

Jika Anda bosan menyantap ayam goreng, maka saatnya menjajal menu ayam kecap untuk menvariasikan olahan daging ayam Anda. Dengan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan, sudah pasti Anda harus membuatnya.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

· Satu ekor ayam

· Kecap manis/asin

· Minyak

· Gula

· Jahe

· Air bersih

 Cara membuat:

1. Cucilah 1 ekor ayam dengan bersih, lalu masukan ayam kedalam kulkas selama 30 menit. Setelah ayam didinginkan, keluarkan lagi dan balut dengan saus kecap pilihan Anda, diamkan agar kecap meresap;

2. Setelah itu panaskan minyak dalam wajan, masukkan ayam dengan perlahan dan gunakan sendok berlubang untuk menggulung ayam dalam minyak panas selama 3-4 menit sampai kulit menjadi keemasan, angkat ayam dengan hati-hati dan tiriskan;

3. Tuangkan minyak ke dalam wajan baru, dengan 2 sendok minyak tambahkan kecap asin, gula, jahe, dan 3 cangkir air bersih. Didihkan air, lalu msukkan ayam, sisi dada ke bawah, ke dalam wajan dan masak selama 18 menit. Balik ayam hingga 2 atau 3 kali, agar lebih merata. Tunggu hingga matang.

Jika Anda memberikan kecap manis akan lebih menambahkan kekentalan cita rasa pada daging ayam yang Anda masak. Lebih nikmat jika ayam kecap Anda ditambah dengan ulekan beberapa potong cabai merah, jika menyukai rasa pedas manis. Mungkin Anda bisa mencobanya untuk menyajikan masakan yang berbeda dari biasanya.

Sementara jika memang Anda menyukai rasa kecap asin, hidangan ayam bisa terlihat lebih bening dibandingkan dengan ayam yang disajikan bersama kecap manis. Jangan terlalu banyak menaburkan bumbu perasa asin, jika sudah memakai kecap asin, karena ayam Anda nantinya akan terasa kurang nikmat dan tidak bagus untuk pencernaan jika menyantap makanan terlalu asin. Bisa Anda tambahkan dengan beberapa potongan daging nanas jika Anda ingin minimbulkan rasa segar pada kuah kecap asin tersebut.

Dengan bahan dasar yang mudah di temukan, dan mudah dibuat saatnya ini Ayam dengan saus kecap bisa menjadi menjadi menu handalan di rumah. Selamat mencoba!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini