nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Nasi, Ini 5 Makanan Pokok dari Berbagai Negara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963350 selain-nasi-ini-5-makanan-pokok-dari-berbagai-negara-lJko1oS0J6.jpg Gandum makanan pokok selain beras (Foto:Ist)

MAKANAN pokok adalah makanan utama yang dikonsumsi oleh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Disebut demikian, karena jenis makanan ini diklaim memberikan banyak nutrisi atau gizi yang dikonsumsi agar manusia dapat bertahan hidup sessuai dengan kondisi iklim dan lingkungannya.

Jenis makanan pokok pun sangat bervariasi, bahkan setiap negara memiliki makanan pokok yang berbeda-beda. Berikut Okezone rangkumkan 5 jenis makanan pokok dari berbagai belahan dunia, dilansir dari Mediamaxnetwork.

Jagung

 

Jagung adalah jenis biji-bijian yang paling banyak diproduksi di dunia. Jagung juga merupakan makanan pokok bagi mayoritas masyarakat di sub-Sahara Afrika. Makanan ini menjadi sumber karbohidrat, protein, zat besi, vitamin B, dan mineral. Tidak hanya itu, jagung juga sering dimanfaatkan untuk membuat alkohol murni atau yang dikenal dengan sebutan (ethanol). Seiring berkembangnya zaman, jagung kini menjadi salah satu komoditi yang telah menyebar ke seluruh dunia. Makanan itu kini menjadi makanan pokok di Afrika, Eropa, dan Amerika Serikat.

 

Beras

Siapa yang tidak mengenal bahan makanan yang satu ini? Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar negara yang berada di Asia dan Amerika Latin.

 

Menurut sejarah, beras pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat India dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu. Barulah saat masa perdagangan Portugis berlangsung, beras mulai memasuki kawasan Amerika Selatan.

Singkong

 

Singkong adalah makanan utama bagi penduduk Afrika dan Amerika Selatan. Pasalnya, tanaman ini dapat tumbuh di kawasan kering dan tandus, sehingga menjadi penyelemat utama bagi negara dengan penduduk berpenghasilan rendah. Agar aman dikonsumsi, singkong harus diolah dengan baik untuk menghilangkan kandungan cacogenic glycosides (racun) yang cukup tinggi.

Kentang

Kentang adalah produk makanan non-gandum nomor satu di dunia. Pada awalnya, kentang ditanam di Andes, lalu diperkenalkan oleh bangsa Spanyol di sejumlah negara di Eropa abad ke-16. Sejak saat itulah makanan bertekstur tepung mulai ditinggalkan oleh masyarakat Eropa. Seiring berjalannya waktu, China sekarang menjadi produsen kentang terbesar di dunia.

 

Gandum

Gandum adalah tanaman yang paling banyak menutupi lapisan bumi dibandingkan jenis tanaman lainnya. Tanaman ini termasuk dalam kategori "tahan banting" karena dapat tumbuh di iklim kering dan dingin, tidak seperti beras dan jagung. Gandum juga mengandung protein nabati yang sangat tinggi dan penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

 

Amerika Serikat, China, India, dan Pracis dilaporkan sebagai produsen sekaligus menjadi pengonsumsi gandum terbesar di dunia. Bahan makan ini biasanya dikeringkan dan dilumatkan untuk membuat tepung yang digunakan sebagai bahan dasar roti, kerupuk, pasta, sereal, dan kue kering.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini