nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Beragam Jenis Getuk, Kudapan Tradisional Favorit Pencinta Kuliner Nusantara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963352 mengenal-beragam-jenis-getuk-kudapan-tradisional-favorit-pencinta-kuliner-nusantara-dSzCmpbgRj.jpg Getuk kekinian (Foto:IG/wu_foodphotography)

GETUK adalah makanan ringan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Pembuatan getuk dimulai dari singkong yang dikupas kemudian dikukus atau melalui proses perebusan. Setelah matang, singkong kemudiand itumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling. Nah, untuk menambah cita rasanya, getuk biasanya diberi pemanis gula dan pewarna makanan.

Nah, diantara sekian banyak getuk yang ada di Indonesia, ternyata ada 5 jenis getuk yang paling populer di kalangan pencinta kuliner. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

Getuk Lindri

Olahan getuk yang satu ini bisa Anda jumpai di beberapa kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Asal usul nama getuk lindri sendiri diambil dari alat penggulung untuk membuat getuk tersebut. Singkong yang telah dihaluskan akan keluar dari sebuah bernama lindri dalam bentuk gulungan panjang, kecil, dan berserat. Cara mengolah getuk lindri sebetulnya sangat sederhana. Singkong yang telah dibersihkan dikukus atau direbus hingga empuk, lalu dihaluskan dengan cara digiling atau ditumbuk. Setelah halus, adonan akan diberi pewarna makanan agar tampilannya lebih menarik. Sementara untuk teknik penyajian, getuk lindri biasanya disajikan bersama parutan kelapa.

Getuk Kurung

Getuk Kurung merupakan makanan berbahan dasar singkong hasil kreasi pedagang asal Klaten bernama Suhari dan istrinya Sujiyem. Keduanya berasal dari Dukuh Putatan, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten. Keistimewaan Getuk Kurung terletak pada varian rasanya yang beraneka ragam. Ada rasa cokelat manis, ada pula yang berbentuk gulung dan diisi selai nanas. Sama seperti Getuk Lindri, olahan getuk ini diberi warna cerah agar tampilanya lebih menarik. Getuk Kurung biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula halus untuk memperlezat cita rasanya.

 

Getuk Pisang

Sesuai dengan namanya, olahan getuk pisang dibuat dari bahan dasar pisang Raja Nangka. Pisang jenis ini dianggap memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga dapat memperlezat cita rasa makanan itu sendiri. Berbeda dengan Getuk Lindri atau Getuk Kurung, bentuk Getuk Pisang cenderung bulat dengan panjang sekitar 15 cm, dan berwarna merah kecokelatan. Makanan ini biasanya dibukus dengan daun pisang dan memiliki sensasi rasa asam dan manis, meski tanpa tambahan gula. Makanan ini sangat familiar jika Anda datang ke Kota Kediri.

Getuk Kethek

Bagi Anda yang pertama kali mendengar nama makanan ini, mungkin akan langsung bertanya-tanya seperti apa proses pengolahannya? Tidak perlu khawatir, Getuk Khetek hanyalah sebuah nama yang diberikan oleh sang pedagang, karena di depan rumahnya ada kethek (monyet). Kudapan ini merupakan salah satu kudapan tradisional dari Salatiga. Bahan utamanya adalah singkong yang telah ditumbuk halus, lalu disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir.

Getuk Trio

Jika Anda berkunjung ke Kota Magelang, jangan lupa untuk mencicipi Getuk Trio. Kudapan ini adalah salah satu makanan khas Jawa yang memiliki bentuk sangat unil. Secara fisik, getuk ini seolah-olah terbagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh warna. Kudapan ini terbuat singkong yang diramu dengan bahan alami seperti gula pasir dan santan kelapa. Rasanya manis dengan tekstur legit yang menggugah selera.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini