nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Donat hingga Peuyem, Ini 5 Ragam Olahan Enak dari Singkong

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963357 dari-donat-hingga-peuyem-ini-5-ragam-olahan-enak-dari-singkong-2jOLvY61Le.jpg Ragam olahan dari singkong (Foto:Thespurce)

 

SINGKONG merupakan salah satu bahan makanan paling populer di Indonesia. Selain karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi, bahan makanan ini juga sering dijadikan sebagai pengganti nasi atau diolah menjadi berbagai jenis hidangan lezat.

Sejumlah daerah di Indonesia bahkan memiliki olahan singkong dengan ciri khas mereka masing-masing. Apa saja makanan dari singkong tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber,

Combro

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari tanah Jawa Barat. Umumnya, combro terbuat dari parutan singkong dengan isian sambal oncom nan gurih. Setelah adonan siap, ia kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan. Bentuknya pun beraneka ragam sesuai dengan isiannya. Ada yang bulat, ada pula yang lonjong.

Nugget Singkong

Siapa sangka jika singkong juga bisa dikreasikan menjadi olahan nugget nan lezat? Yang perlu Anda lakukan cukup mencampurkan daging ayam giling, singkong kukus yang telah dihaluskan, serta beberapa bumbu pelengkap. Setelah itu, bentuk adonan sesuai selera, lalu goreng dengan minyak yang panas. Mudah bukan?

Donat Singkong

Jika biasanya donat diolah menggunakan kentang rebus, Anda bisa menggantinya dengan singkong kukus. Rasa yang dihasilkan tidak kalah lezat loh dengan donat berbahan dasar kentang. Anda juga dapat menambahkan selai cokelat atau parutan keju untuk menambah kenikmatannya. Yummy!

Keripik Singkong

Makanan dari singkong yang paling umum dan sangat disukai oleh banyak adalah keripik singkong. Tekstur yang renyah dengan sensasi rasa asin yang menggugah selera, membuat kudapan tersebut dapat dinikmati dalam segala suasana. Teknik pengolahannya pun cenderung praktis. Singong diiris tipis kemudian digoreng sampai kering. Sebelum disajikan, taburi singkong dengan sedikit garam atau bumbu penyedap rasa.

Peueyem

Bagi Anda yang sering berlibur ke Kota Kembang Bandung, tentu sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang satu ini. Peuyeum merupakan hidangan tradisional khas Sunda yang terbuat dari singkong atau ubi kayu yang diolah melalui proses fermentasi. Sekilas teksturnya mirip seperti tape, namun dari daya tahan atau masa penyimpanannya, peuyeum cenderung lebih lama. Rasanya? Jangan ditanya lagi. Kudapan lezat ini menyuguhkan sensasi rasa manis, sedikit asam, dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

View this post on Instagram

#peuyem #enak #mantap #jalanjalan #kuliner #foodlover

A post shared by Makan (@makan_makan_terus) on

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini