nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sarapan Enggak Melulu Nasi, Ganti dengan Makanan 5 Ini, Dijamin Kenyang!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963369 sarapan-enggak-melulu-nasi-ganti-dengan-makanan-5-ini-dijamin-kenyang-kW20ktJI3Q.jpg Makanan pengganti nasi (Foto:Alphacoders)

BANYAK orang yang sering mengabaikan sarapan karena alasan keterbatasan waktu. Alhasil, tak sedikit yang menahan rasa lapar hingga jam makan siang tiba. Padahal, ada banyak sekali jenis makanan sehat pengganti nasi yang bisa Anda olah dalam waktu singkat.

Kendati demikian, menurut pakar nutrisi Erica Giovinazzo dari Clay Health Club and Spa, menu sarapan yang baik harus mengandung kombinasi karbohidrat sehat dan sejumlah protein. Untungnya, pilihan makanan ini sudah banyak beredar di pasasaran. Apa saja makanan pengganti nasi yang baik untuk menu sarapan? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Health, Minggu (14/10/2018).

Oatmeal

Selama ini Anda mungkin bertanya-tanya apa maksud logo berbentuk hati pada kemasan oatmeal yang dijual di pasaran. Logo tersebut sengaja diberikan untuk menegaskan bahwa oatmeal mengandung beta-glucan, sejenis serat yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur. Tidak hanya itu, oat juga kaya asam lemak omega-3, folat, dan potasium sehingga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Berkat kandungan tersebut, oatmeal direkomendasikan sebagai salah satu menu sarapan terbaik. Kendati demikian, Anda harus menghindari jenis oatmeal yang memiliki rasa atau diolah dengan campuran gula. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan sedikit madu, kacang-kacangan, atau irisan buah-buahan segar.

Greek yogurt

Greek yogurt sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat yang kaya akan protein dan kalsium. Bahkan kandungannya dua kali lipat lebih banyak dari yogurt biasa. Untuk menyajikan yogurt sebagai menu sarapan, Anda bisa menambahkan beberapa potong buah untuk memberikan sensasi rasa manis dan segar.

 

"Saya suka yogurt yunani karena praktis dan mudah diolah. Makanan ini juga bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi," kata Giovinazzo.

Pisang

Bagi pencinta buah-buahan, pisang bisa jadi alternatif terbaik untuk mengganti menu sarapan Anda. Buah berwarna kuning ini sangat praktis untuk diolah dan mengandung berbagai nutrisi sehat, dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

"Iris pisang dan tambahkan pada mangkuk sereal atau oatmeal. Ini akan menambah rasa manis alami, sehingga Anda tidak membutuhkan tambahan gula," ujar Giovinazzo.

Jika dikonsumsi secara teratur, pisang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah secara almi, dan sangat baik untuk penderita hipertensi.

Telur

Meski sempat dihindari karena dianggap mengandung kadar kolesterol yang tinggi, telur kini menjadi salah satu menu sarapan favorit bagi banyak orang. Selain menjadi sumber protein, telur juga mengandung vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol pada makanan ternyata hanya memengaruhi kadar kolesterol darah dengan persentase yang cenderung rendah.

 

"Jika secara keseluruhan Anda harus mengonsumsi protein tanpa lemak, maka telur adalah pilihan yang tepat," kata Giovinnazzo. The American Heart Association merekemondasikan agar orang-orang dengan kolesterol normal membatasi asupan kolesterol mereka hingga 300 miligram per hari.

Flaxseed

Siapa yang tidak tahu flaxseed? Bahan makanan ini memang sedang naik daun seiring berkembangnya tren hidup sehat di kalangan generasi millennials. Flaxseed biasanya dijadikan bahan makanan pelengkap pada olahan smoothies atau semangkuk sereal. Manfaatnya? Tidak perlu diragukan lagi. Flaxseed diklaim mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi jangan ragu-ragu mengonsumsi makanan ini untuk menu sarapan pagi Anda di rumah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini