nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kreasi Jamur yang Bikin Makan Jadi Lebih Nikmat, Cocok Buat yang Lagi Hindari Nasi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 08:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963381 kreasi-jamur-yang-bikin-makan-jadi-lebih-nikmat-cocok-buat-yang-lagi-hindari-nasi-l1E2Li5feq.jpg Kreasi olahan jamur yang mengenyangkan (Foto: Finecooking)

MASYARAKAT sudah semakin sadar akan nilai gizi. Hal ini tentunya berkat informasi yang terus disebarkan dan kesadaran akan masalah kesehatan yang semakin baik.

Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa dengan mengonsumsi makanan secara sembarang - tidak mementingkan jumlah kalori yang disantap - memicu banyak masalah kesehatan dalam tubuh. Makanya, tak sedikit kemudian ahli gizi mau pun dokter menyarankan untuk lebih mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Bicara mengenai mereka yang sedang berusaha mengurangi asupan nasi, jangan khawatir nasibnya akan menderita. Ya, kan kita semua tahu; "Nggak ngerasa makan kalau belum ketemu nasi". Jadi, bagi mereka yang sedang mengurangi asupan nasi, perut Anda akan tetap kenyang dengan olahan jamur.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa jamur dianggap makanan yang sehat dan cukup melengkapi nilai gizi harian Anda. Dilansir Okezone dari New York Times, jamur bukan tergolong dalam sayuran hijau atau merah yang diasumsikan sebagai sayuran tinggi gizi.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Tapi, siapa sangka kalau jamur juga mengandung banyak nilai gizi baik untuk tubuh. Jamur dinilai rendah kalori dan lemak, bebas kolesterol, mengandung banyak mineral dan vitamin, tembaga, kalium, magnesium, seng dan sejumlah vitamin B seperti folat.

Jamur juga tercatat tinggi aktioksidan seperti selenium dan gluthatione atau GSH. Di mana, GSH ini merupakan zat yang dipercaya mampu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi penyakit kronis dan peradangan.

jamur

Bahkan, lebih lengkap dijelaskan dalam sebuah studi, jamur adalah sumber makanan penghasil antioksidan paling tinggi. Hal ini berkaitan dengan kandungan ergothioneine atau ERGO yang hadir dalam jumlah besar di dalam jamur.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Nah, setelah mengenal lebih dekat dengan jamur, Okezone akan memberikan resep khusus olahan jamur.

Dikutip dari BBC Good Food, resep "Mushroom dan Sausage Pasta" bisa jadi pilihan yang pas untuk dikonsumsi menggantikan menu makanan siang Anda yang banyak diisi nasi.

Berikut resepnya khusus untuk Anda

Bahan-bahan

- 4 sosis yang kulitnya sudah dibersihkan

- 4 bacon

- rashers, potong dadu

- 200 gram jamur, dicincang

- pasta 350 gram

- 50 gram parmesan, parut, dan serutan ekstranya jadi garnis

- 2 kuning telur

- peterseli, cincang halus

- 2 sdm crème fraîche rendah lemak

Cara membuatnya

- Goreng daging sosis dalam wajan anti lengket selama 8-10 menit sampai kecokelatan, masak dengan sendok kayu, lalu angkat dan sisihkan. Goreng daging dan jamur selama 5-8 menit sampai keemasan, masukan daging sosis dan pastikan tetap hangat.

- Masak pasta. Buat saus dengan memadukan Parmesan, kuning telur, sebagian peterseli, dan crème fraîche. Saat pasta dimasak, tiriskan, sisakan satu sendok air masak.

- Campurkan pasta dan campuran daging di atas api kecil dan tambahkan saus. Bumbui dan campurkan dengan cepat, tambahkan sedikit air rebusan jika dirasa sedikit kental. Tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan serutan parmesan ekstra dan sisa parsley di atasnya.

- Voila! "Mushroom dan Sausage Pasta" siap disantap selagi hangat!

olahan jamur

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini