nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Menu Sehat dan Mengenyangkan Pengganti Nasi? Intip 3 Resep Ini!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 298 1963387 ingin-menu-sehat-dan-mengenyangkan-pengganti-nasi-intip-3-resep-ini-n9x6pDGPbl.jpg Mashed Potato (NYT Cooking)

BEBERAPA waktu belakangan ini, masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya gaya hidup sehat, termasuk dalam memilih makanan. Nasi putih yang semula jadi primadona hingga ada sebutan ‘Belum makan jika belum menelan nasi’, kini mulai ditinggalkan.

Beras merah pun dipilih mayoritas masyarakat yang tahu kadar glukosa dalam nasi putih cukup tinggi. Namun, terkadang rasa yang hambar pada beras merah membuat jenuh, hingga masyarakat pun perlu inovasi masakan lain pengganti nasi, tapi tetap sehat.

Infografis Pengganti Nasi

Penasaran olahan bahan apa saja yang bisa dijadikan pengganti nasi, namun tetap sehat, mengenyangkan, dan juga enak? Nah, berikut deretan resepnya yang berhasil Okezone rangkum dari berbagai sumber.

 Baca juga: Jadi Pengiring Pengantin, Pangeran George dan Putri Charlotte Curi Perhatian Warganet

1. Oyek singkong

oyek singkong (google)

Untuk membuat oyek singkong, moms tidak perlu repot. Sebab, oyek singkong pada dasarnya hanya dikukus saja dan disajikan dengan taburan kelapa parut. Sebelum mengolah menjadi oyek alias nasi singkong, umbi akar tersebut mesti diparut jadi wujudnya mirip nasi. Kemudian, siapkan bunga kecombrang untuk menghilangkan bau singkong dan garam.

Caranya, siapkan kukusan, cuci bersih oyek kering, lalu rendam sekira 1-2 jam, dan bilas dengan air bersih, tiriskan. Bunga kecombrang diiris tipis, kemudian taburi garam, remas-remas. Selanjutnya, cuci bersih bunga kecombrang dengan air untuk hilangkan getah, dan tiriskan. Campur oyek dan kecombrang ke dalam kukusan, kukus sekira 20 menit.

Baca juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

2. Simple mashed potato

Mashed Potato (Food network)

Biasanya mashed potato disajikan bersama daging steak di restoran-restoran. Mashed potato sebagai pengganti nasi, walau namanya cukup sulit dilafalkan, tapi cara membuatnya mudah, lho! Anda cukup siapkan dua buah kentang berukuran sedang, dua siung bawang putih, keju, dua batang seledri, 150 ml susu, mentega, garam, dan wortel.

Cara membuatnya, pertama cuci kentang, rebus sampai masak, kupas, haluskan sampai lembut. Kemudian, pada wajan tumis mentega bersama bawang putih. Masukkan kentang, beri susu, keju, dan garam secukupnya. Terakhir masukkan daun seledri. Mashed potato siap meluncur manjakan lidah!

Baca juga: Hadiri Royal Wedding Putri Eugenie, Meghan Markle Setia Kenakan Dress Rancangan Givenchy

3. Bubur labu kuning

Bubur labu kuning (Google)

Rasa manis pada labu kuning akan menghibur lidah Anda setelah rutin terus menerus makan beras merah. Selain itu, labu kuning yang kerap diolah jadi bubur bisa jadi makanan pendamping ASI balita. Nah, saking lezatnya labu kuning, cara membuatnya pun perlu Anda ketahui, pertama labu kuning dikupas, lalu kukus dan blender sampai lembut. Masak adonan labu kuning bersama air 150 ml, masak dengan api kecil, setelah adonan meletup-letup, matikan kompor, bubur abu kuning pun siap dinikmati.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini