nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Stop Makan Nasi? Sayuran Ternyata Bisa Menggantikannya, Lho!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 12:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 481 1963218 ingin-stop-makan-nasi-sayuran-ternyata-bisa-menggantikannya-lho-qDdyRun9Ob.jpg Jagung sehat (Foto: Rocketnews24)

MASYARAKAT Indonesia sangat dekat dengan nasi. Bangun tidur kalau bisa, ya, makan nasi. Tidak kenyang perut jika tidak makan nasi.

Hal semacam ini sebetulnya keliru. Terlebih ketika Anda memiliki masalah di penumpukan karbohidrat di tubuh atau masalah diabetes. Sebab, nasi dianggap memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan itu yang membuat Anda mesti menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya.

Nah, jika Anda bingung menggantinya dengan apa, Okezone coba merekomendasikan untuk mengonsumsi sayuran. Tapi, yang mesti diperhatikan di sini adalah Anda harus tahu berapa nilai gizi sayuran tersebut sehingga dia setara dengan nasi.

Dilansir Okezone dari The Nest, Anda mesti tahu dulu apa sih kandungan nasi itu sendiri?

Satu per tiga cangkir beras mengandung sekitar 15 gram karbohidrat dan jika beras berwarna coklat, itu juga mengandung sekitar 1 hingga 3 gram serat.

Beras juga padat nutrisi karena mengandung bermacam-macam vitamin B kompleks dan mineral seperti kalium dan fosfor. Karena karakteristik ini, penting bahwa Anda mengganti nasi dengan makanan dengan nilai gizi yang sama.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Lalu, sumber makanan apa yang pas untuk menggantikan karakteristik nasi tersebut?

Ada berbagai biji-bijian yang dapat menggantikan beras dan memiliki nilai gizi mirip dengan nasi. Sepertiga cangkir pasta yang dimasak mengandung karbohidrat sebagai beras dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang ditemukan dalam beras merah.

beras merah

Selain itu, satu per tiga cangkir quinoa, juga mengandung sekitar 15 gram karbohidrat. Quinoa juga berfungsi sebagai sumber protein lengkap karena mengandung semua asam amino esensial.

Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Jika Anda ingin menggantinya dengan sayuran, Anda mendapatkan jawaban "benar". Sebab, sayuran pun mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral. Sayuran juga merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, seperti beras merah.

Contoh sayuran yang baik untuk mengganti nasi ialah jagung, kacang polong, dan kentang tumbuk. Jenis sayuran pati ini yang dapat menggantikan nasi dalam menu makanan Anda.

Perlu diketahui, sepertiga cangkir nasi mengandung 15 gram karbohidrat, satu setengah cangkir sayuran ini juga mengandung 15 gram karbohidrat. Jadi, pastikan Anda mengambil porsi sayuran ini sedikit lebih banyak, ya. Supaya nilai gizinya lebih banyak lagi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini