nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inilah Jumlah Karbohidrat yang Anda Butuhkan Sehari-hari

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 12 481 1963247 inilah-jumlah-karbohidrat-yang-anda-butuhkan-sehari-hari-nfIQMvOe8w.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KARBOHIDRAT adalah salah satu makronutrien, senyawa yang memberikan energi pada tubuh Anda dalam bentuk kalori. Makanan yang mengandung karbohidrat akan dicerna menjadi gula, yang memberikan tubuh asupan glukosa dan kemudian dijadikan sebagai sumber energi yang penting. Jadi, tubuh Anda membutuhkan karbohidrat agar berfungsi dengan baik.

Ada dua jenis utama karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang diproses, lebih lambat dicerna oleh tubuh, dan tinggi serat. Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang lebih cepat dicerna. Namun, sebenarnya berapa jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi oleh seseorang sehari-harinya?

Tergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kesehatan Anda secara keseluruhan, kebutuhan karbohidrat setiap orang akan bervariasi. Dilansir dari berbagai sumber, 45 hingga 65 persen kalori harian Anda harus berasal dari karbohidrat. Hal ini sama dengan sekitar 225 hingga 325 gram karbohidrat jika Anda mengonsumsi 2000 kalori per hari.

 (Baca Juga:3 Kedai Mi di Bandung yang Bikin Kamu Ketagihan!)

Jika Anda ingin mengetahui jumlah pasti karbohidrat yang Anda butuhkan, mulailah dengan menentukan kebutuhan kalori harian Anda dan bagi angka itu menjadi dua. Itulah jumlah berapa banyak kalori yang harus berasal dari karbohidrat. Setiap karbohidrat memiliki 4 kalori. Bagilah angka yang Anda dapatkan di langkah awal dengan 4. Jumlah terakhir sama dengan jumlah karbohidrat dalam gram yang Anda butuhkan setiap harinya.

Sebagai contoh, seseorang yang makan sekitar 2000 kalori per hari harus mengkonsumsi sekitar 250 gram karbohidrat. Cara menghitungnya adalah 2000 : 2 = 1000, lalu 1000 : 4 = 250.

Mengonsumsi jenis karbohidrat yang tepat dalam jumlah yang benar mungkin lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Namun ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tepat.

 (Baca Juga:Intip Daftar Makanan yang Disajikan saat Royal Wedding Putri Eugenie dan Jack Brooksbank)

Hindari minuman manis, seperti soda, dan minuman rasa lainnya. Makan roti gandum utuh, pasta, dan sereal daripada memakan gandum olahan. Beras merah, gandum utuh dan oatmeal adalah pilihan yang terbaik.

Jika Anda mencoba untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi demi menurunkan berat badan, hal ini adalah tindakan yang salah. Jika Anda tiba-tiba membatasi jumlah karbohidrat yang dimakan, Anda mungkin akan mengalami gejala seperti pusing, kelelahan, lemas, sakit kepala, dan sembelit.

Jika Anda ingin melakukan diet dan menurunkan berat badan, sebaiknya ikuti diet yang berfokus pada makanan sehat secara keseluruhan, bukan hanya mengurangi karbohidrat yang Anda konsumsi. Diet dengan mengurangi karbohidrat memang akan menurunkan berat badan Anda, namun hal ini akan membuat Anda menjadi kekurangan nutrisi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini