nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Makan Roti Gandum Baik untuk Kesehatan, Ini 3 Kelebihannya

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 13 Oktober 2018 18:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 13 298 1963651 sering-makan-roti-gandum-baik-untuk-kesehatan-ini-3-kelebihannya-013LHMEE5l.jpg Ilustrasi (Foto: Epicurious)

SEKARANG ini masyarakat mulai memilih makanan yang lebih sehat. Terutama sejak kesadaran untuk melakukan pola hidup sehat meningkat. Salah satu makanan yang menjadi pilihan adalah roti gandum.

Roti gandum atau whole-wheat diklaim sebagai pilihan makanan yang sangat bergizi. Untuk mendapatkan manfaat optimal, masyarakat disarankan mengonsumsi roti yang terbuat dari biji gandum utuh. Hal senada turut disampaikan oleh Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD.

 (Baca Juga:Perkenalkan Turono Pujakesuma, Pak Polisi yang Hobi Bikin Video Makan Pedas)

"Makanan dari whole-wheat indeks glikemiknya rendah, kandungan seratnya juga banyak jadi bikin enggak gampang lapar. Tapi hati-hati, ada anak-anak yang tidak dapat mencerna protein dari gandum yaitu gluten. Itu akan menyebabkan penyakit seliak yang membuat anak-anak tidak mampu mencerna makanan sehingga diare terus," ungkapnya saat ditemui Okezone dalam sebuah acara di kawasan Blok M, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Sementara itu, melansir SFGATE, Sabtu (13/10/2018), inilah 3 kelebihan roti gandum:

Sumber serat yang baik

Menurut data, banyak orang mengonsumsi serat kurang dari yang disarankan. Roti gandum dapat menambah sekira 3 gram serat per lapis. Jadi 2 lapis roti gandum bisa memenuhi hampir sepertiga dari kebutuhan serat harian. Tambahkan beberapa irisan alpukat atau dan sayuran lain sehingga bisa dijadikan roti lapis atau sandwich yang kaya akan serat. Makan cukup serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan mengontrol berat badan.

 (Baca Juga:Ini Alasan Umbi-umbian Seperti Kentang Tidak Boleh Dipanaskan)

Memberikan energi lebih banyak

Kandungan serat yang tinggi dan sekira 5 gram protein per lapis pada roti gandum memberikan energi lebih banyak bila dibandingkan roti putih. Mereka yang mengonsumsi roti gandum cenderung merasa lebih berenergi, kenyang dalam waktu lama, dan tidak makan terlalu banyak.

Mengandung zat

Dua lapis roti gandum menyediakan sekira 2,5 miligram zat besi. Mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Tetapi mengingat orang dewasa hanya membutuhkan 8 - 18 miligram zat besi setiap hari, maka konsumsi roti gandum dapat memenuhi lebih dari seperempat kebutuhan harian. Mendapatkan cukup zat besi dapat membantu memastikan oksigen mengalir dengan baik melalui darah ke otak serta terhindar dari sakit kepala dan kelelahan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini