nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Makanan Pengganti Nasi yang Menyehatkan & Mengenyangkan

Fienca Amelia , Jurnalis · Minggu 14 Oktober 2018 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 14 298 1963779 ini-makanan-pengganti-nasi-yang-menyehatkan-mengenyangkan-WzXeGYa4vC.jpg Makanan pengganti nasi (Foto:Ist)

 

NASI putih merupakan makanan wajib tersedia di piring masyarakat Indonesia. Bahkan sampai ada sebuah slogan yang berkembang yaitu “belum kenyang kalau belum makan nasi”. Namun, nasi ini seringkali disalahkan sebagai penyebab penyakit diabetes. Ini karena nasi dapat memicu meningkatnya gula darah dalam tubuh.

Ada beberapa makanan yang mengandung karbohidrat selain nasi. Selain mengenyangkan, makanan ini juga kaya akan nutrisi dan memiliki glikemik indeks yang rendah. Glikemik indeks (GI) adalah angka atau peringkat pada suatu makanan yang berkarbohidrat berdasarkan kenaikan gula darah sesaat setelah kita mengonsumsi makanan tersebut. Angkanya berkisar antara 0-100.

Semakin rendah Gl, semakin lambat pula peningkatan kadar gula darah dalam tubuh setelah mengonsumsi makanannya. Selain itu, makanan rendah GI bisa membuat kita kenyang lebih lama karena dicerna perlahan dalam tubuh. Ini akan membuat perut kenyang lebih lama.Keuntungannya adalah bisa mencegah kenaikan berat badan.

 5 Pilihan Kreasi Roti Kekinian, Sudah Pernah Coba?

Beberapa makanan yang rendah GI mungkin sudah akrab di telinga Anda. "Ubi, talas, jagung, singkong, dan oats. Bisa juga dengan mengonsumsi roti berbiji. Roti ini tidak sama dengan roti gandum tapi ini mengandung biji-bijian," kata Leona Victoria Djajadi seorang Nutrisionis dan Ahli Diet.

 

Makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang sama dengan nasi. Perbedaannya adalah makanan-makanan tersebut tidak akan meningkatkan gula darah. Dengan kata lain, makanan pengganti nasi tersebut aman bagi penderita diabetes.

Namun, Leona tidak menyebutkan kentang sebagai makanan pengganti nasi. Seperti yang kita tahu, selama ini kentang seringkali disebut sebagai makanan pengganti nasi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Mengapa begitu? Ia mengatakan bahwa kentang sama saja dengan nasi. "Ini tidak berlaku untuk kentang. Karena kentang sama saja dengan nasi putih," kata Leona.

 

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing dan sehat, sempatkan berolahraga selama 30 menit sehari. Selain itu, pola makan pun harus diperhatikan. Porsi nutrisi setiap makan harus seimbang. “Karena idealnya pembagian piring itu 1/2 nya sayuran, 1/4 karbohidrat rendah glikemik dan 1/4 piring protein rendah lemak,” Kata Leona. Jadi, tubuh langsing dan badan pun tetap sehat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini