nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertama Kali dalam Sejarah! Wanita Berhijab Menangi Kontes Kecantikan Inggris

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 10:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 15 194 1964079 pertama-kali-dalam-sejarah-wanita-berhijab-menangi-kontes-kecantikan-inggris-x3JNKJ4Teu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERTAMA kalinya dalam catatan sejarah, seorang muslimah alias perempuan beragama Islam jadi pemenang Miss England. Jika perempuan muslim memenangkan kontes kecantikan di negara mayoritas muslim sudah biasa, maka kemenangan Sara Iftekhar ini adalah langka dan luar biasa.

Sara Iftekhar tidak hanya memenangkan kontes pemilihan Miss England saja, tapi dia juga menjadi perempuan Miss England pertama yang beragama Muslim dan mengenakan tutup kepala atau turban saat malam final penentuan.

Dilansir Okezone dari laman resmi Metro, Senin (15/10/2018), dari proses awal audisi hingga malam puncak penentuan Miss England beberapa waktu lalu, Sara tidak pernah melepas penutup kepalanya.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Sebenarnya, dalam sumber dituliskan, tidak hanya Sara yang masuk ke kontes tersebut sebagai Muslim dan mengenakan penutup kepala, tapi ada pula Maria, kontestan lain yang juga Muslim dan mengenakan hijab. Namun, hanya Sara Iftekhar lah yang berhasil lolos sampai ke final, dan bahkan memenangkan kontes paling bergengsi di Inggris tersebut.

Perempuan yang masih berusia 20 tahun ini pun sebelumnya telah memenangkan beberapa ajang kecantikan lain, seperti kontes Miss Huddersfield 2018 dan Miss Yorkshire Popularity 2018. Setelah berhasil lolos masuk jadi finalis Miss England 2018, dia kini mewakili Inggris untuk bertarung di ajang Miss World.

"Wow! Saya merasa luar biasa sekali setelah mendengar nama saya diumumkan jadi finalis Miss England 2018. Itu adalah pengalaman yang sulit saya lupakan sepanjang masa," tulisnya dalam sebuah ungahan Instagramnya.

Baca Juga: Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Tidak hanya itu saja, dalam blog pribadinya pun Sara menuliskan salah satu motivasinya ikut Miss World, yaitu untuk menunjukkan kecantikan tidak memiliki definisi. Warna kulit, ras, agama, bahkan berat badan bukanlah patokan untuk jadi cantik.

"Semua orang cantik dengan caranya sendiri, tanpa memandang berat badan, ras, warna kulit, atau bentuk tubuh," tulisnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini