Perhiasan Milik Mendiang Ratu Marie Antoinette Dilelang dengan Harga Ratusan Miliar

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 194 1964264 perhiasan-milik-mendiang-ratu-marie-antoinette-dilelang-dengan-harga-ratusan-miliar-9mTng9zKgJ.jpg Perhiasan Putri Marie (Foto: Newyork post)

SIAPA tak familiar dengan nama Marie Antoinette? Ialah Ratu Prancis terakhir sebelum terjadinya Revolusi Prancis.

Mengingat sosoknya yang terkenal, maka tak heran kisah dari wanita kelahiran 1755 ini diangkat ke layar lebar menjadi sebuah film yang dibintangi oleh aktris cantik dan terkenal, Kristen Dunst.

Berabad-abad setelah kematiannya, kini ada peninggalan dari sosok Ratu Marie Antoinette yang bisa dimiliki oleh masyarakat biasa. Peninggalan tersebut, ialah beberapa koleksi perhiasannya.

Baca Juga:

Dikisahkan, pada Maret 1971 Marie Antoinette berhasil menyelamatkan koleksi perhiasannya sebelum pergi dengan sejumlah dayang-dayangnya. Mengingat terjadinya Revolusi Perancis, maka dari itu Marie Antoinette sengaja mengirimkan sejumlah permata berharga ke Brussels, ke tempat dirinya dan raja berencana melarikan diri.

Namun, seperti yang disebutkan oleh Daniela Mascetti, selaku chairman of jewelry di Sotheby Eropa kepada The Post, sayangnya yang berhasil selamat hanyalah perhiasan Marie Antoinette. Sebab tiga bulan kemudian, para anggota keluarga kerajaan Prancis ditangkap dan dipenjarakan.

 

Kini, perhiasan yang berhasil dikemas oleh Marie Antoinette tersebut walau sudah berusia berabad-abad banyak permata berkilauan yang dikemas oleh Marie Antoinette masih bertahan hingga hari ini. Sekarang, sembilan bagian dari koleksi pribadi Ratu yang malang tersebut, menjadi bagian dari lelang bersejarah yang digelar oleh Sotheby.

Acara pelelangan perhiasan milik Marie Antoinette ini sendiri diberi nama “Royal Jewels from the Bourbon Parma Family,”. Gelaran acara pelelangan disebutkan akan berlangsung di Jenewa, pada 14 November 2018 mendatang. Sebelum itu, sekitar lebih dari 100 pernak-pernik akan terlebih dahulu berkeliling dunia untuk bisa dilihat masyarakat umum, salah satunya dipamerkan di Sotheby New York.

Di Sotheby New York, pameran perhiasan akan digelar esok hari, Selasa 16 Oktober 2018 yang sekaligus menandakan momen ulang tahun ke-225 dari peristiwa pemenggalan Marie Antoinette di tahun 1793.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Daniela, perhiasan peninggalan Marie Antoinette ini adalah perhiasan yang sangat mengagumkan mengingat permata ini bertahan dari abad-abad sebelumnya.

"Permata ini mengirimkan ke Wina untuk mengantisipasi kedatangan Marie-Thérèse. Sebagai anak perempuan berbakti, Marie tidak berani mengatur ulang perhiasan itu. Intan permata milik Marie Antoinette ini jauh lebih langka daripada sekarang, dan hanya keluarga yang berkuasa yang mampu membelinya. Bahkan tidak bisa tidak bisa memiliki permata baru kecuali membongkar yang lama," ujar Daniela.

Untuk orang yang ingin memiliki perhiasan langka dan kebetulan memiliki uang berlimpah, pelelangan ini bisa jadi kesempatan tepat untuk memiliki perhiasan seperti liontin mutiara air mata alami yang digantungkan dari busur bertabur intan halus yang disebutkan terlihat persis sama seperti ketika dipakai oleh Marie Antoinette.

 BACA JUGA:

Lalu berapa dana yang harus disiapkan para peminat perhiasan Marie Antoinette ini? Untuk harga lelang nanti, diestimasikan untuk perhiasan mutiara senilai USD1 sampai 2 juta atau kurang lebih Rp15,2 sampai 30,4 milyar. Sedangkan untuk bros berlian kuning dan putih, diperkirakan akan dilelang di harga USD50000 sampai 80000 atau sekira Rp761,9 sampai 1,2 milyar, sebagaimana dilapor Nypost, Senin (15/10/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini