nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lukisan Love In The Bin yang Hampir Hancur Terjual dengan Harga Rp27 Miliar!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 12:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 15 196 1964123 lukisan-love-in-the-bin-yang-hampir-hancur-terjual-dengan-harga-rp27-miliar-iXLvT4DHdb.jpg Lukisan Love Is In The Bin karya Bansky (Foto: Mirror)

BAGI sejumlah orang, lukisan adalah karya seni yang tak ternilai harganya. Terlebih jika lukisan tersebut dibuat seniman ternama. Maka tak heran, bila dalam acara lelang, lukisan bisa terjual dengan harga yang terbilang fantastis.

Contohnya saja lukisan "Love Is In The Bin" karya seniman jalanan asal Inggris, Bansky. Baru-baru ini, lukisan yang sebelumnya dinamai Girl With Balloon terjual dengan harga £1,4 juta atau setara dengan Rp27,9 miliar. Lukisan semprot stensil yang menggambarkan seorang gadis tengah meraih balon berbentuk hati itu dilelang di Sotheby, London pada 5 Oktober lalu.

Cerita dibalik terjualnya pelelangan lukisan itu pun cukup dramatis. Dilansir Okezone dari Mirror, Senin (15/10/2018), lukisan tersebut pada awalnya berada di dalam bingkai. Ternyata di bagian bawah bingkai terdapat mesin penghancur kertas. Selama penawaran berlangsung, lukisan terus turun dari bingkai yang mengakibatkannya perlahan hancur.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Melihat hal itu, para peserta lelang dibuat terkejut dan ketakutan. Beruntung seorang penawar dari Eropa memutuskan untuk membeli karya seni tersebut. Biarpun lukisan yang dibuat pada 2006 itu hampir hancur, tapi sang pembeli tidak merasa menyesal mendapatkannya.

"Ketika palu tanda pelelangan dimulai dan lukisan mulai terpotong, pada awalnya saya terkejut. Tetapi lambat laun saya mulai menyadari bila lukisan itu saya miliki, maka saya akan punya sepotong sejarah seni milik saya sendiri," ungkap kolektor perempuan yang belum diketahui identitasnya itu.

lukisan bansky

Sejak terjual, lukisan itu pun berganti nama dan memiliki sertifikat dari Pest Control, badan otentikasi Banksy. Alex Branczik, kepala seni kontemporer Sotheby, mengatakan, "Banksy tidak menghancurkan karya seni dalam pelelangan, ia menciptakan satu. Mengikuti campur tangannya yang mengejutkan pada malam itu, kami senang karya seni pertama dalam sejarah yang langsung dibuat selama lelang berhasil terjual."

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Sementara itu, Banksy merupakan seniman jalanan yang terkenal melalui serangkaian potongan grafiti di gedung-gedung seluruh negeri. Biasanya karya seni ditandai dengan nada yang sangat satir. Penghancuran lukisan minggu lalu adalah yang terbaru dalam sejarah panjang karyanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini