nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dari Timur ke Barat, Ini 4 Toko Oleh-Oleh Roti di Indonesia Paling Legendaris

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 03:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 15 196 1964461 dari-timur-ke-barat-ini-4-toko-oleh-oleh-roti-di-indonesia-paling-legendaris-pvZrILjVtS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK sekali toko roti legendaris dari berbagai kota di Tanah Air. Malahan ada orang yang niat berburu untuk dijadikan oleh-oleh.

Bagi penggemar roti aneka varian rasa, Anda harus mencicipinya. Apalagi kalau sedang melancong ke beberapa kota, karena punya ciri khas masing-masing.

Dirangkum Okezone, Selasa (16/10/2018), berikut ada empat toko roti legendaris yang ada di berbagai kota. Simak ulasannya lebih lanjut dan jangan lupa cicipi ya saat melancong ke sana.

Baca Juga: Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa?

Roti Abon Gulung Hawaii, Papua

Roti Abon Gulung Hawaii sudah terkenal seantero Papua. Di Kota Manokwari tokonya lengkap menjual berbagai kudapan roti abon sapi, tuna, atau ayam. Camilan ini pasti selalu dicari-cari wisatawan saat melancong ke Papua.

Harga satu kotak isi 10 dibanderol Rp150 ribu (original) dan160 ribu (kombinasi). Roti abon gulung seenak di Papua lumayan langka dicari. Tapi ternyata roti abon gulung bukan diciptakan oleh orang asli Papua, melainkan bahan bakunya dari Jakarta dan Surabaya. Tokonya sudah buka sejak tahun 2008 lho.

Golden Bakery, Palu

Ada oleh-oleh berbeda dari Kota Palu, Sulawesi Tengah. Di sana terdapat toko roti legendaris. Golden Bakery namanya, terletak di sekitar Jalan Sultan Hasanuddin. Toko rotinya sudah terkenal banget sejak dulu bagi masyarakat Palu.

Menariknya, roti ini selalu dijual dalam keadaan hangat, ketika ada orang beli barulah dibungkus. Yang paling lezat adalah roti klasik isian cokelat, keju, selai, abon atau roti kepang yang menarik untuk dicicipi. Saat menyambangi kota ini pasca-gempa dan tsunami, yuk rotinya dicoba.

Roti Mandarijn Orion, Solo

Selain Serabi Notosuman yang terkenal, Roti Mandarijn Orion di Solo juga tak kalah tersohor. Lokasi tokonya ada di sekitaran Jalan Urip Sumoharjo, Surakarta. Ada banyak varian roti klasik sampai kue basah. Nah, kalau Anda datang ke toko roti yang berdiri sejak 1930-an itu, wajib beli roti lapis selai nanas yang menggoda ya!

Fran's Bakery & Ice Cream, Surabaya

Orang Surabaya dan sekitarnya pasti selalu rindu makan roti berlogo bakers zaman dulu. Menariknya, selain dijual di pusat tokonya di Jalan Gubeng, roti klasik ini juga dijajakan keliling oleh penjual roti dengan sepeda ke kampung atau komplek-komplek di Kota Surabaya.

Anda wajib cicipi roti isi keju cokelat, pisang cokelat, cone isi fla manis, dan sebagainya. Kalau beruntung Anda juga bisa membawa pulang aneka roti ini untuk oleh-oleh lho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini