Sederet Kesalahan saat Sarapan, Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 298 1964235 sederet-kesalahan-saat-sarapan-sering-kita-lakukan-tanpa-sadar-2vMYNYnNPj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MAKAN pagi alias sarapan telah diketahui membawa banyak manfaat. Namun, kesalahan saat sarapan yang sering kali tidak sadar kita lakukan justru membuat sarapan tak memberikan manfaat yang optimal.

Sarapan menjadi salah satu kunci menjalani hari dengan baik dan diklaim sebagai salah satu gaya hidup yang sehat. Melewatkan waktu sarapan bisa saja membawa beberapa dampak buruk bagi tubuh, seperti merasa lemas, kurang bersemangat, bahkan merasa pusing.

Bagi penderita diabetes, peran sarapan bisa jadi menjadi lebih penting dibandingkan dengan orang normal. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu tambahan energi dan tambahan gula bagi Anda setelah semalaman tidak mendapatkan asupan apa pun.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Lalu, bagaimana sarapan yang baik agar Anda benar-benar mendapatkan manfaatnya? Kesalahan saat sarapan apa saja, sih, yang sering kita lakukan dan sebaiknya dihindari?

Manfaat sarapan bagi penderita diabetes

Bagi seorang penderita diabetes, mengonsumsi makan pagi dipercaya membawa banyak manfaat. Sayangnya, kita terkadang melakukan kesalahan saat sarapan sehingga manfaatnya tidak kita rasakan.

Banyak pula yang melewatkan kegiatan ini karena kesibukan lain yang dianggap lebih mendesak. Apalagi, ketika Anda juga mengalami kelebihan berat badan, melewatkan makan pagi dianggap sebagai salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Melewatkan sarapan karena takut menambah bobot tubuh adalah pemahaman yang salah.

Dalam satu studi, seperti yang dilaporkan oleh situs Diabetes Self Management, seorang perempuan dengan berat badan berlebih yang melewatkan sarapan memiliki jumlah insulin dan kadar gula darah yang lebih tinggi setelah makan siang, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sarapan pada pagi harinya. Bukannya menurunkan berat badan, Anda malah berpotensi membawa kerugian lain.

Baca Juga: Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa?

Bahkan, dalam studi lain yang dilakukan pada pria, mereka yang melewatkan waktu makan pagi memiliki kemungkinan 21 persen lebih tinggi untuk memicu diabetes dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

Sarapan bagi penderita diabetes (dan juga mereka yang tidak memiliki diabetes) merupakan salah satu cara mengisi ulang glukosa yang hilang sewaktu Anda tidur. Selama tidur, tubuh Anda tidak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman selama beberapa jam.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini