nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Melihat Batasan Usia, seperti Ini Cara Pencegahan Kanker Payudara

Firda Janati, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 12:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 15 481 1964176 tak-melihat-batasan-usia-seperti-ini-cara-pencegahan-kanker-payudara-dbQyyp9C4P.jpg Kanker Payudara (Foto: Shetepeopletv)

KANKER payudara menjadi salah satu momok yang mengerikan bagi wanita. Selain kanker serviks, kanker payudara juga menjadi salah satu kanker paling mematikan yang menyerang wanita. Kanker payudara adalah kondisi dimana terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal pada kelenjar atau jaringan di payudara.

Setiap wanita diwajibkan untuk melakukan deteksi dini demi mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Melansir dari Vogue, Senin (15/10/2018), deteksi dini kanker payudara dapat meningkatkan 91 persen tingkat kelangsungan hidup lebih lama hingga lima tahun. Menurut National Breast Cancer Foundation, tingkat kelangsungan naik dari yang sebelumnya 76 persen pada tahun 1994.

Baca Juga:

Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa

Meskipun tingkat kelangsungan hidup meningkat, pasien kanker payudara pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Kanker payudara bukan hanya menyerang wanita berusia diatas 40 tahun, tetapi juga menjadi penyakit kanker yang paling sering didiagnosis pada wanita mulai usia 20 hingga 39 tahun. Menurut National Breast Cancer Foundation, tidak ada alasan pasti mengenai penyabab kanker payudara. Namun, ada beberapa penyabab yang sering ditemukan pada pasian kanker payudara.

Wanita yang memiliki berat badan lebih atau obesitas, wanita yang telah menopause, wanita yang menunda untuk memiliki anak dan gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi alkohol dan merokok. Hal tersebut memiliki hubungan kuat dengan kanker payudara.

 

“Telah banyak yang tahu bagaimana gaya hidup, seperti polusi dan makanan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Tetapi yang membuat orang-orang terkejut adalah mengatahui bahwa ada hal lain yang berisiko meningkatkan kanker payudara, seperti obesitas, kurang aktivitas fisik dan konsumsi alkohol,” kata dr Lynch, peneliti dari National Breast Cancer Foundation

Lalu, bagaimana cara pencegahan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara? Menurut dr Lybnc cara terbaik untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara adalah dengan sering melakukan banyak aktivitas, seperti olahraga yang teratur. Aktivitas fisik yang kurang atau berlebihan juga dapat memicu risiko tinggi terkena kanker payudara. Minimal olahraga berlari, setiap hari selama setengah jam.

Selain itu, gaya hidup seperti makanan yang Anda konsumsi juga meningkatkan risiko tinggi kanker payudara. Wanita yang memiliki gaya hidup yang berantakan memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara, tanpa melihat batasan umur. Maka dari itu, konsumsi makanan yang sehat yang mengandung biji-bijian utuh seperti gandum dan jagung, jauhi merokok dan minuman beralkohol tinggi.

“Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko sebesar 35-40 persen, semakin banyak Anda minum, semakin tinggi risiko Anda terkena kanker payudara,” kata dr Lynch

 BACA JUGA:

Oktober menjadi bulan yang diperingati sebagai bulan peduli kanker payudara di seluruh dunia. Untuk memperingati bulan kanker payudara, diharapkan bagi seluruh masyarakat terutama pada wanita untuk lebih memiliki kesadaran diri terhadap bahayanya kanker payudara dan melakukan pemeriksaan rutin ketika telah memasuki usia 20 tahun.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini