Hari Cuci Tangan Sedunia, Cara Praktis Lepas dari Diare hingga Stunting

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 481 1964187 hari-cuci-tangan-sedunia-cara-praktis-lepas-dari-diare-hingga-stunting-utEydW6IwX.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TANGGAL 15 Oktober memang diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia. Dalam Hari Cuci Tangan Global tahun ini, diusung tema tangan Bersih resep untuk kesehatan. Hal ini berfokus pada hubungan antara mencuci tangan dan makanan, termasuk kebersihan makanan dan nutrisi.

Mencuci tangan adalah bagian penting dari mencegah penyakit, dan membantu anak-anak tumbuh kuat. Hari Cuci Tangan Global pada 15 Oktober setiap tahun, menjadi semacam hari advokasi global yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun, sebagai cara yang efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit.

Tagline WHO pada tahun ini mengingatkan kita untuk melakukannya setiap ingin menyentuh makanan. Ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dan pastikan anak-anak Anda mengikutinya juga. Anda harus mencuci tangan dengan sabun terutama sebelum makan, memasak, atau memberi makan kepada anak Anda.

Baca Juga: Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa?

Oleh karena itu, buatlah model perilaku mencuci tangan yang baik, dan ingatkan orang lain untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. Selain itu, jadikan mencuci tangan sebagai bagian dari kegiatan keluarga Anda sebelum menyentuh makanan.

Selain itu, kita bisa meminta tempat untuk mencuci tangan Anda baik di rumah tangga, di komunitas Anda, di sekolah, tempat kerja, dan di fasilitas kesehatan. Demikian dilansir dari The Health Site.

Lantas, kapan saat yang tepat untuk mencuci tangan? Menurut WHO, ada beberapa saat ketika kita harus mencuci tangan untuk sabun.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Menurut WHO, ktia harus mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet, setelah membersihkan pantat anak (atau kontak lainnya dengan kotoran manusia, termasuk bayi dan anak-anak), dan sebelum kontak dengan makanan, seperti sebelum makan atau sebelum menyiapkan makanan.

Selain itu, anak-anak dan orang dewasa juga harus mencuci tangan mereka setelah bermain atau bekerja di luar, atau menyentuh hewan dan tempat tinggal mereka.

Studi penelitian menunjukkan bahwa praktik mencuci tangan yang lebih baik dapat mengurangi tingkat infeksi pernapasan akut, termasuk pneumonia, hingga lebih dari 20%, dan penyakit diare hampir 50%. Kebersihan sama pentingnya dengan air dan sanitasi dalam mencegah diare.

Mencuci tangan dengan sabun, dapat membantu mengurangi kekurangan gizi, yang menyumbang 73% kematian diare setiap tahun.

Mencuci tangan dengan sabun dan air minum yang bersih dapat mengurangi hilangnya nutrisi melalui diare dan mengurangi stunting pada anak di bawah 5-15%. Menurut WHO, memilki kebersihan tangan dapat menurunkan 40% dalam infeksi kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini