Share

Tangan Kotor Tularkan Banyak Penyakit Jangan Sepelekan Cuci Tangan Pakai Sabun

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 481 1964210 tangan-kotor-tularkan-banyak-penyakit-jangan-sepelekan-cuci-tangan-pakai-sabun-rQRgbsJQnO.jpg Pentingnya cuci tangan pakai sabun (Foto:Ist)

DALAM situasi apapun tangan mudah kotor. Hal ini bisa memicu penularan penyakit apa saja, karenanya Anda jangan menyepelekan kegiatan cuci tangan pakai sabun.

Meski sederhana, cuci tangan dengan sabun banyak manfaatnya. Tidak hanya membuat tangan Anda jadi bersih dan tidak lengket, tapi higienitasnya terjaga.

Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan RI drg Wara Pertiwi O, MA, mengatakan, tangan merupakan media penyebaran penyakit. Belum lagi ada bakteri yang menjadi penyebab penyakit semakin beragam.

 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

"Ketika setiap orang menerapkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah beberapa penyakit, bahkan menyelamatkan jiwa," ujar drg Wara, di sela Talkshow Peringatan Global Hand washing Day 2018 bersama Lifebuoy di SDN Rawa Barat 05 Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Senin (15/10/2018).

Dia menambahkan, meski sepele kegiatan cuci tangan pakai sabun harus ditularkan sejak dini. Ini adalah salah satu perilaku positif yang wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap keluarga di rumah harus membiasakan cuci tangan pakai sabun dalam kegiatan apa saja. Misalnya, saat mau makan, setelah pergi keluar rumah, setelah buang air besar dan kecil, setelah memegang benda di sekitar rumah, sampai mau tidur.

 Donorkan ASI-nya Sebanyak 15 Kulkas Penuh, Ibu Ini Justru Dikritik Dokter

"Kita ajarkan anak-anak cuci tangan pakai sabun, yang mana mereka nanti bisa jadi agent of change," tambah drg Wara.

Dilanjutkan dia, cuci tangan pakai sabun jadi cara termudah mencegah penyakit. Misalnya adalah diare, yang menjadi pembunuh balita nomor satu, tapi tidak pernah disadari.

"Kalau pada anak, gampangnya mencegah diare. Kalau pada orang dewasa, ya mencegah flu, batuk, sesak napas. Maka penting sekali untuk cuci tangan pakai sabun setiap hari, untuk mencegah penyakit fatal tersebut," pungkas dia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini