nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ada Air Mengalir untuk Cuci Tangan, Bolehkah Pakai Handsanitizer atau Tisu Basah?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 15 481 1964275 tak-ada-air-mengalir-untuk-cuci-tangan-bolehkah-pakai-handsanitizer-atau-tisu-basah-Tae2c1fnJ4.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SAAT bepergian rasanya sulit menemukan air mengalir untuk cuci tangan. Sebagai gantinya pasti Anda mengandalkan handsanitizer atau tisu basah. Boleh atau tidak ya?

Ternyata higienitas cuci tangan pakai handsanitizer atau tisu basah kurang terjaga, daripada pakai sabun dan menggunakan air mengalir. Banyak pro dan kontra yang menilai hal ini, tapi tetap saja orang tetap malas membiasakan cuci tangan pakai sabun.

Menanggapi hal itu, Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan RI drg Wara Pertiwi O, MA, mengatakan, handsanitizer atau tisu basah kerap dipilih orang untuk membersihkan tangan. Sebenarnya boleh-boleh saja, namun tingkat higienitasnya kurang.

 (Baca Juga:Hari Cuci Tangan Sedunia, Cara Praktis Lepas dari Diare hingga Stunting)

"Sekalipun bepergian, tidak ada air untuk cuci tangan pakai sabun, bisa saja kepepet pakai handsanitizer atau tisu basah. Tapi ya bersihnya tidak maksimal," ujar dia saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

 

Dia menjelaskan, cuci tangan pakai sabun adalah hal sederhana untuk mencegah penyakit. Apalagi dasarnya tangan adalah media penyebar kuman dan penyakit paling ganas.

 (Baca Juga:Tangan Kotor Tularkan Banyak Penyakit Jangan Sepelekan Cuci Tangan Pakai Sabun)

Berdasarkan fakta yang disebut pada Riskesdas 2013, hanya sekira 47% masyarakat lebih dari 10 tahun berperilaku cuci tangan pakai sabun dengan benar. Hal ini sangat disayangkan, karena dampaknya bisa menularkan banyak penyakit.

Ketika memilih media lain untuk cuci tangan, pastikan pilih yang mengandung antiseptik. Sediakan selalu di tas, kemudian saat menemukan air mengalir segeralah cuci tangan pakai sabun biar semakin bersih.

"Pilih tisu basah yang mengandung antiseptik atau handsanitizer anti-bakteri, bisa memang memakai ini meski tidak maksimal bersihnya seperti cuci tangan pakai sabun," pungkas dia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini