nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikira Hanya Flu, Pria Ini Harus Kehilangan Kaki, Tangan dan Bibirnya

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 16:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 15 481 1964300 dikira-hanya-flu-pria-ini-harus-kehilangan-kaki-tangan-dan-bibirnya-yd1bk3qg6v.jpg Alex Lewis (Foto: Thesun)

ADA penyakit yang dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal bisa jadi itu merupakan gejala untuk kondisi yang mematikan. Sebut saja batuk yang tidak kunjung sembuh dapat berkembang menjadi TBC atau kanker paru-paru. Seorang pria dari Inggris terpaksa harus kehilangan 4 anggota tubuh dan bibir setelah mengira dirinya hanya terkena flu.

Pria bernama Alex Lewis itu mulai terserang pilek pada November 2013. Namun lima minggu kemudian tiba-tiba dirinya koma dan organ tubuh utamanya mulai tidak berfungsi. Setelah dilakukan observasi, ia diketahui terinfeksi Strep A yang kemudian berkembang menjadi sindrom syok beracun, septikemia, dan necrotising fasciitis. Penyakit ini menyerang menyerang darah dan organ tubuh terutama bibir.

Penyakitnya itu membuat Alex hanya memiliki peluang 3% untuk bertahan hidup. Tapi takdir berkata lain. Setelah dirawat lebih dari enam bulan di rumah sakit dan melalui 18 operasi, kondisinya mulai berangsur membaik. "Saya tahu kedengarannya gila. Tapi saya pikir itu adalah tahun terbaik dalam hidup saya," ungkapnya seperti yang dikutip Okezone dari The Sun, Senin (15/10/2018).

alex lewis

Peristiwa itu membuat Alex menjalani kehidupan lebih baik dari sebelumnya. Dia mengaku tersadar sangat mencintai pasangan dan anaknya, Lucy dan Sam. Mereka setia menemaninya meskipun tubuh pria berusia 38 tahun itu dipenuhi luka dan kehilangan kaki, tangan, serta bibir.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Ahli bedah memutuskan untuk memotong anggota tubuh Alex saat dagingnya mulai membusuk. Mereka juga mengambil otot dari punggung pria itu untuk membangun kembali lengan kanan yang mati karena melewati serangkaian operasi melelahkan. Bahkan ia harus belajar berjalan lagi dengan dua kaki prostetik.

alex lewis

Alex kemudian menjalani operasi bedah plastik untuk membuat bibirnya kembali. Ahli bedah plastik Salisbury, Alexandra Crick, menggunakan kulit dari bahu pria tersebut sebagai cangkokan. "Bibir saya ini menjadi yang pertama di dunia. Ini berasal dari satu bagian kulit di tubuh saya dan bila dibayangkan seperti menempatkan tas di mulut lalu bagian tepinya di jahit," tutur Alex.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Butuh enam kali operasi untuk membuat Alex mendapatkan bibirnya kembali. Seiring berjalannya waktu kini kulit cangkokan tersebut telah menyatu dengan pipi dan dagu. "Operasi wajah sejauh ini adalah jenis operasi paling dramatis yang bisa saya lalui. Saya ingat ketika bangun merasa malu dan bahkan tidak tidur selama tujuh hari setelah operasi," tambahnya.

Namun setelah semuanya berlalu, Alex merasa operasi itu sungguh luar biasa. Sebab semua saraf dan otot di bibirnya telah tumbuh kembali dan berfungsi dengan normal. Empat tahun berlalu dirinya kini menjadi juru kampanye bagi orang yang diamputasi. Dia gencar mengatakan bila seseorang harus melihat yang terbaik dari kondisinya untuk mempercepat penyembuhan dan perawatan.

Terlepas dari segalanya, Alex mengatakan dia merasa sangat beruntung diberi kesempatan kedua. Dia pun memiliki keinginan untuk menjalin kedekatan lagi dengan anaknya yang berusia 3,5 tahun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini