Sabun Cuci Tangan seperti Apa yang Paling Efektif Membunuh Kuman dan Virus?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 15 481 1964305 sabun-cuci-tangan-seperti-apa-yang-paling-efektif-membunuh-kuman-dan-virus-gBZh1GThm0.jpg Cuci Tangan (Foto: Huffingtonpost)

TERKADANG Anda pasti bingung memilih sabun yang tepat untuk cuci tangan. Padahal hal itu jangan sampai salah, karena malah sia-sia dampaknya.

Atau bahkan di rumah hanya tersedia satu jenis sabun yang dipakai untuk mandi sekaligus cuci tangan. Tapi cek dulu, apakah sabun yang Anda pakai itu sudah tepat?

Nah, sekarang coba cek dulu sabun apa saja yang ada di rumah, terutama yang biasa dipakai untuk cuci tangan. Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia dr Kuntjoro Adi Purjanto, MKes, menyebutkan, sabun yang dibutuhkan untuk cuci tangan yang penting mengandung antiseptik.

BACA JUGA:

"Yang jelas sabun cuci tangan butuh kandungan antiseptik. Nah, sabun sendiri itu pembersihnya," ujar dr Kuntjoro saat ditemui di kawasan Blok S, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

Sabun yang mengandung antiseptik, menurut dia, jelas mudah memutus mata rantai kuman. Apalagi tangan adalah organ tubuh yang dikenal mudah menyebarkan kuman dan bakteri pemicu penyakit.

 

Yang penting diingat, kebiasaan cuci tangan pakai sabun harus dilakukan sejak dini. Jika tidak, Anda sekeluarga jadi mudah terkena penyakit infeksi paling sederhana, hingga menjadi kronis.

"Penyakit kronis banyak terjadi karena tidak cuci tangan pakai sabun. Malahan bisa resisten dan kebal, lalu jadi sakit. Bisa kena diare atau flu yang paling sering," terang dr Kuntjoro.

Lalu bagaimana dengan penggunaan sabun khusus untuk cuci tangan? Ditambahkan Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan RI drg Wara Pertiwi O, MA, penggunaan sabun tersebut jelas lebih baik. Selain dapat membunuh kuman, tapi juga bisa melembapkan tangan.

 BACA JUGA:

"Kalau pakai sabun khusus cuci tangan pastinya akan lebih baik, karena kandungannya surah disesuaikan. Sekalipun dalam sehari sering cuci tangan, ya tidak ada efek sampingnya," simpul drg Wara, pada kesempatan sama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini