nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Perjuangan 8 Artis Melawan Kanker Ini Jadi Inspirasi

Firda Janati, Jurnalis · Senin 15 Oktober 2018 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 15 481 1964319 kisah-perjuangan-8-artis-melawan-kanker-ini-jadi-inspirasi-Adncg47emx.jpg Kisah inspiratif para survivor kanker payudara (Foto:Huffpost)

 

KANKER payudara memang menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh seluruh orang di dunia. Gejalanya yang sulit terdeteksi dini membuat banyak orang sering terlambat ketika datang ke rumah sakit. Rata-rata dari mereka adalah pasien yang telah memasuki stadium lanjut. Maka dari itu, tak sedikit penderita penyakit kanker payudara harus meregang nyawa karena keterlambatan.

Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja. Tidak pernah memandang usia atau status sosial. Namun, perlu Anda ketahui banyak juga penderita kanker payudara yang memiliki semangat hidup untuk bisa sembuh.

10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Seperti yang dilansir Okezone dari berbagai sumber, Senin (15/10/2018), 7 artis ini menjadi inspiratif bagi semua orang karena telah berhasil berjuang melawan kanker serta tumor payudara.

1. Angelina Jolie

Yang pertama datang dari artis Hollywood, Angelina Jolie. Siapa yang tak kenal dengan artis Hollywood satu ini? Jolie pertama kali melakukan tes kesehatan pada tahun 2013, hasil tes tersebut mengungkapkan bahwa dirinya memiliki hingga 87 persen risiko kanker payudara dan 50 persen kanker ovarium.

Seperti yang diketahui bahwa Ibu, nenek dan tante dari Angelina Jolie meninggal karena penyakit kanker. hingga akhirnya Jolie harus melakukan pengangkatan payudara dan ovariumnya. Jolie juga sengaja untuk mengungkapkan penyakitnya agar wanita lain mendapatkan pelajaran dari apa yang dia alami.

2. Rima Melati

Artis senior Rima Melati pernah divonis kanker payudara pada tahun 1990-an. Ketika itu ia baru berusia 45 tahun dan terdiagnosa memiliki kanker payudara stasium 3B. Awalnya Rima hanya menemukan benjolan kecil di payudaranya, saat itu ia tidak menganggap penting benjolan tersebut. Hingga akhirnya Rima melakukan pengangkatan pada payudara kirinya, Rima beromat hingga ke Rotterdam, Belanda. Rima saat ini menjadi salah satu aktivis dan suvervivor kanker payudara. Rima juga selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

 

3. Kylie Minogue

Pemain film San Andreas ini divonis menderita kanker pada tahun 2005 saat ia berusia 36 tahun. Sebelumnya dokter menyatakan kondisi Minogue tidak ada masalah dan baik-baik saja. Merasa adanya kecurigaan, ia lantas langsung melakukan tes kedua. Melalui serangkaian tes yang dilakukannya, Minogue segera melakukan tindakan penanganan yang tepat sebelum terlambat. Tak lama setelah diagnosa keduanya, Minogue melakukan serangkaian operasi, kemoterapi dan pengangkatan payudara. ia juga memberikan pesan kepada seluruh wanita di dunia agar selalu mecari second opinion saat memeriksakan kesehatan.

4. Wanda Hamindah

 

Artis yang lahir pada tahun 1997 ini pertama kali memeriksakan dirinya ke dokter pada tahun 2010. Wanda tidak menyangka bahwa benjolan yang selama ini ia derita adalah awal gejala kanker payudara. meskipun bukan divonis sebagai kanker payudara, tetapi timor jinak, hal tersebut sudah membuat Wanda depresi. Meskipun bukan kanker, perlu untuk selalu rutin memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah terjadinya hal yang lebih buruk.

5. Pevita Pearce

 

Sama seperti Wanda Hamina, Pevita divonis terdapat tumor di payudaranya. Tumor payudara yang di deritanya baru diketahui sejak tahun 2013. Meskipun tumor, pevita tidak tinggal diam, ia akhirnya menjalani operasi tumor tersebut pada akhir tahun 2016. Artis muda kelahiran Jakarta 6 Oktober 1992 ini sempat menjalani pengobatannya di kuala lumpur, Malaysia. Syukurnya, setelah menjalani operasi tersebut, Pevita dapat melakukan aktivitasnya seperti biasa.

6. Giuliana Rancic

Giuliana Rncic mengidap kanker payudara stadium awal pada tahun 2011. Rancic sudah menjalani mammogram, yaitu tes pemeriksaan kanker payudara dengan menggunakan sinar X untuk memantau perkembangan jaringan yang ada di payudara. Awalnya ia hanya mengira operasi pengangkatan benjolan saja, tapi ternyata pengangkatan benjolan tidak dapat membersihkan seluruh sel kankernya. Oleh karena itu, Rancic melakukan operasi pengangkatan payudara.

 Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa?

7. Andien Aisyah

 

Penyanyi sekaligus seorang ibu ini pernah didiagnosis kanker payudara. Hal ini terjadi padanya pada tahun 2002. Saat itu Andien masih duduk di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas), ia mengaku sudah mengetahui ada masalah dengan payudaranya saat itu. Ibu satu anak ini sempat bingung, karena saat terdiagnosis, dirinya masih berusia belia. Andien akhirnya menjalani operasi saat stadiumnya belum lanjut. Kini Andien telah terbebas dari penyakit mematikan tersebut. Andien mengajak masyarakat luas baik wanita maupun pria untuk selalu memperhatikan payudaranya.

8. Peter Criss

Siapa yang mengira bahwa kanker payudara hanya menyerang kaum hawa? Kanker payudara juga bisa menyerang pria. Seperti drummer band asal Amerika Serikat ini. Peter Criss merupakah salah satu pejuang kanker payudara pada pria. Criss pertama kali menyadari adanya benjolan pada kanker payudaranya pada tahun 2002. Setelah operasi yang dilakukannya, Criss mengingatkan orang-orang mengenai pentingnya pemeriksaan payudara, baik pada pria maupun pada wanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini