nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penelitian Ungkap Ada Persamaan Matematis saat Orang Jatuh Cinta

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 14:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 16 196 1964699 penelitian-ungkap-ada-persamaan-matematis-saat-orang-jatuh-cinta-CktN27Ux40.jpg Ada hitungan matematis saat jatuh cinta (Foto:Shared)

MUNGKIN  Anda merasa bahwa hubungan yang sedang Anda jalin dengan pasangan memiliki chemistry yang hebat dan kuat. Dan mungkin menurut Anda, hal tersebut adalah pertanda positif bagi Anda dan pasangan. Namun, ada sejumlah faktor yang ternyata berperan penting sebelum Anda merasakan jatuh cinta.

Dilansir dari Shared, Selasa (16/10/2018), Dr Hannah Fry, seorang ahli matematika yang berasal dari Inggris, dan dosen di University College London, melakukan sebuah penelitian. Penelitian tersebut menemukan sebuah formula untuk mencintai. Fry mengidentifikasi 3 hal yang harus dilakukan untuk jatuh cinta yaitu bangga, proaktif, dan juga provokatif. Berikut penjelasannya.

 Dari Timur ke Barat, Ini 4 Toko Oleh-Oleh Roti di Indonesia Paling Legendaris

1. Bangga

Terkadang, mungkin Anda ragu-ragu dan kurang mempercayai kata-kata yang diucapkan oleh pasangan Anda. Hal tersebut ternyata juga diteliti oleh pendiri situs kencan OKCupid, Christian Rudder. Penelitian tersebut dilakukan pada 5.000 perempuan yang diminta untuk menilai tingkat daya tarik masing-masing dengan pasangannya dalam skala 1 hingga 10.

Rudder kemudian membandingkan skor rata-rata anggota situs kencan tersebut dengan berapa kali mereka mengirim pesan per bulannya. Rudder menemukan bahwa wanita yang memiliki peringkat yang jauh lebih baik adalah wanita yang unik daripada wanita yang secara objektif dianggap cantik. Penelitian ini membuktikan bahwa individu harus mengasah apa yang membuat mereka unik dan bangga dengan hal tersebut.

2. Proaktif

Jika Anda sedang menyukai seseorang, ungkapkanlah perasaan Anda padanya. Biasanya, bila seorang pria ditolak ketika menyatakan cintanya, ia biasanya pindah ke orang lain yang menarik perhatiannya sampai ia menemukan seseorang untuk menjadi pasangannya. Menurut Fry, jika seseorang mengikuti algoritma ini, mereka akan berakhir dengan seseorang yang istimewa. Karena, mereka akan memiliki lebih banyak pilihan untuk dipilih dibandingkan dengan mereka yang menolak untuk mendekati wanita lain.

A couple with a dog

 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

3. Provokatif

Mungkin, hal ini sepertinya bukan sifat terbaik untuk ditunjukkan ke pasangan Anda sejak awal. Namun, Fry bersikeras bahwa hal ini penting untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bahwa Anda dapat mempengaruhi. Karena, tidak baik apabila Anda memendam pemikiran sendiri. Para ahli telah mengklaim bahwa suatu keberhasilan hubungan dapat ditentukan dengan bagaimana cara pasangan membicarakan atau bahkan mendebatkan masalah.

Seorang psikolog, John Gottman melakukan sebuah eksperimen di mana ia merekam ratusan percakapan antara pasangan yang sudah menikah sambil mengukur tekanan darah, konduktivitas kulit dan juga detak jantung dari pasangan tersebut. Ia kemudian memprediksi kemungkinan setiap pasangan tersebut bercerai, berdasarkan seberapa terbuka dan jujur mereka dengan satu sama lain. Pada akhirnya, Gottman mendapatkan hasil akurasi sebesar 90%

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini