nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik Memperpanjang Usia Roti Agar Tak Cepat Berjamur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 09:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 16 298 1964555 5-trik-memperpanjang-usia-roti-agar-tak-cepat-berjamur-TU2RioGcrb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK seperti bahan makanan pada umumnya, roti harus disimpan dengan teknik yang tepat agar tahan lama dan tidak ditumbuhi jamur. Tidak perlu khawatir! Sebetulnya ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan roti di dapur rumah.

Penasaran? Berikut Okezone rangkumkan 5 tips menyimpan roti agar lebih tahan lama, sebagaimana dilansir dari WikiHow, Selasa (16/10/2018).

Bungkus roti dengan plastik atau aluminium foil

Sebelum meletakkannya di dalam lemari, bungkuslah roti dengan plastik atau aluminium foil. Cara ini akan mengurung kelembapan alami roti, sehingga teksturnya tidak akan mengering dan mengeras. Jika saat membeli roti masih terbungkus kertas, buang kertas tersebut dan bungkus roti dengan plastik.

Baca Juga: Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan, Kok Bisa?

Letakkan pada suhu ruang

Agar tekstur dan cita rasa roti tetap segar dan lezat, letakkan roti pada ruangan bersuhu ruang sekitar 20 derajat celcius. Selain itu, jauhkan roti dari sinar matahari langsung, atau simpan di tempat sejuk dan kering seperti, lemari dapur, atau di dalam kotak roti.

Hindari meletakkan roti di tempat yang sangat lembab, karena memancing tumbuhnya jamur. Cara ini dapat memanjangkan umur roti hingga 2 hari.


Bekukan roti

Jika Anda membeli roti terlalu banyak, satu-satunya cara agar roti tidak berjamur adalah dengan membekukannya di dalam lemari es. Proses ini dapat menurunkan suhu roti sehingga proses pengkristalan zat tepung dapat dihentikan. Zat tepung inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada tekstur roti.

Baca Juga: Tidur Siang di Kantor, Membuat Pegawai Lebih Cerdas Ambil Keputusan

Jangan menyimpan roti di dalam kulkas

Menurut sebuah penelitian, menyimpan roti di dalam kulkas akan menarik kelembapan dan roti akan lebih cepat rusak dibandingkan ketika disimpan pada suhu ruangan. Hal ini disebabkan oleh sebuah proses yang disebut "retrogradation", di mana molekul zat tepung akan membentuk kristal dan roti akan cepat mengeras.

Cairkan roti beku

JIka Anda memiliki roti beku, cara terbaik untuk mencairkannya adalah meletakkan roti pada suhu ruangan. Untuk mengembalikan kerenyahan roti, Anda bisa memanggang roti di dalam oven selama beberapa menit (tidak lebih dari 5 menit).

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini