nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankah Makan Telur Setiap Hari? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 16:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 16 298 1964759 amankah-makan-telur-setiap-hari-ini-penjelasan-ilmiahnya-F910CHy1EW.jpg Konsumsi telur setiap hari (Foto:Ist)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa telur memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi di bandingkan dengan makanan lain. Sebagai gambaran, 1 butir telur berukuran besar mengandung kolesterol sekitar 185 mg. Belum lama ini, telur dilabeli sebagai makanan yang sama buruknya seperti merokok. Ini tentu karena kandungan kolesterol yang dikandungnya.

"Sekarang kita tahu, yang benar-benar meningkatkan kadar kolesterol adalah lemak jenuh dalam diet, sementara kolesterol dari makanan cenderung sedikit," tutur Dr Schulman.

Meski dalam sejumlah pedoman diet seseorang harus mengonsumsi tidak lebih dari 300 mg kolesterol harian, namun rekomendasi tersebut dihapus pada tahun 2016.

 Dari Timur ke Barat, Ini 4 Toko Oleh-Oleh Roti di Indonesia Paling Legendaris

"Ketika kita mengonsumsi kolesterol, senyawa tersebut akan di pecah di dalam usus, dan tidak dapat diserap sebagai molekul kolesterol keseluruhan," tambah Schulman.

Di sisi lain, lemak jenuh ternyata dapat dipecah menjadi rantai pendek asam lemak. Asam lemak inilah yang selalu dikaitkan sebagai pemicu meningkatkannya kadar kolestrol secara signifikan di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, seperti telur, dapat meningkatkan kadar kolesterol sedikit. Tetapi hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah rasio kolesterol LDL (buruk) terhadap kadar kolesterol HDL (baik).

"Telur meningkatkan HDL ke tingkat yang lebih besar daripada LDL yang mengarah ke profil risiko yang lebih menguntungkan ketika dikaitkan dengan risiko kardiovaskular," jelasnya.

Penelitian lain menyebutkan, seseorang yang mengonsumsi telur ternyata tidak lebih buruk dibandingkan mereka yang tidak mengonsumi telur sama sekali. Penelitian yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini telah gagal mengidentifikasi hubungan antara konsumsi sebutir telur setiap hari dan penyakit jantung.

 Aurel Hermansyah Tampil Seksi dengan Dress Hijau Neon, Lekuk Tubuhnya Menggoda!

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Heart menemukan bahwa konsumsi telur secara rutin justru memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

"Orang-orang yang dilaporkan mengonsumsi satu telur per hari memiliki risiko 11% lebih rendah terkena penyakit jantung, serta memiliki risiko kematian yang lebih rendah hingga 18%," tulis jurnal Heart.

Penelitian yang melibatkan hampir setengah juta orang China itu, hanya dapat menunjukkan hubungan antara telur dan kesehatan jantung, bukan hubungan sebab-akibat. Namun ingat, tidak ada satu pun responden dalam penelitian ini yang mengonsumsi lebih dari satu telur per hari. Sehingga temuan ini tidak dapat mendukung sepenuhnya, bagi Anda yang mengonsumsi olahan omelet yang terbuat dari 3 butir telur ayam sekaligus. Demikian dilansir dari Food & Wine, Selasa (16/10/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini