5 Kesalahan dalam Etika Makan yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 03:43 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 16 298 1964931 5-kesalahan-dalam-etika-makan-yang-sering-dilakukan-tanpa-sadar-QkohlZkD5t.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI pribadi manusia yang baik dan berpendidikan, sudah sepatutnya kita mempunyai etika dalam bersikap. Salah satunya ketika makan, dengan memiliki etika maka seharusnya dapat membantu membuat interaksi sosial menjadi lebih cair dan tidak canggung bukan malah sebaliknya.

Nah, agar jangan sampai salah bersikap ketika makan terutama saat makan di tempat-tempat umum atau acara makan formal, mengetahui beberapa kesalahan dalam etika makan yang sering tak sadar dilakukan itu penting adanya. Menyitat Foxnews, Rabu (17/10/2018) berikut di bawah ini pemaparan singkatnya.

1. Tidak menyendok makanan dalam porsi kecil

Dalam kondisi sangat lapar sekalipun, hindari untuk menyendok atau meneguk makanan atau minuman dalam jumlah besar. Tunjukkan sikap berkelas dengan mengambil teguk kecil, bukan tegukan besar. Selain itu cobalah untuk tidak menyesap ketika mulut sedang mengunyah makanan. Kunyah dan telan makanan terlebih dahulu sampai tuntas.

 (Baca Juga:5 Roti Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Rp1,6 Juta per Potong)

2. Tidak melepas tongkat pengaduk dari koktail

Ketika berada di meja makan, barang-barang yang tidak dapat dimakan seperti tongkat aduk atau payung kertas harus dikeluarkan dari gelas dan diletakkan di atas piring roti. Jika sedang berbaur di pesta koktail, letakkan benda kecil ini di serbet terlebih dahulu baru setelah ada kesempatan, buanglah ke tempat sampah atau tempat yang telah disediakan.

 

3. Tidak memegang batang gelas

Saat gelas yang dipakai itu memiliki batang, itulah tempat di mana kita harus memegangnya. Terlepas dari apa yang kita minum, memegang gelas dengan batangnya akan menjaga minuman agar tidak terlalu hangat, dan akan menjaga bagian mangkuk kaca tetap bersih dan bebas noda.

 (Baca Juga:Dari Ukuran Kecil hingga Jumbo, Ini 5 Roti Tradisional Paling Populer)

4. Tidak membelah roti sebelum dimakan

Selalu ingat, bahwa etika untuk menyantap roti ialah patahkan terlebih dahulu roti tersebut sebelum digigit langsung. Jika roti yang hendak dimakan kebetulan memiliki kerak yang keras, maka kita bisa memotongnya dengan bantuan pisau.

 

5. Mendekatkan diri ke arah sup

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi idealnya adalah sup harus dijauhkan dari posisi tubuh. Cara yang benar adalah, gunakan sendok khusus sup yakni sendok yang diameternya lebih bulat dari sendok biasa. Sendok sup inilah yang harus digunakan untuk "membawa" sup dekat dengan posisi diri, bukan diri kita yang mendekati sup.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini