nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Hutan dan Selami Samudera di Barat Jakarta, Zona Ubur-Ubur Menarik Mata Pengunjung!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 16 406 1964898 wisata-hutan-dan-selami-samudera-di-barat-jakarta-zona-ubur-ubur-menarik-mata-pengunjung-lnK79xy7hW.jpg Jakarta Aquarium (IG)

MENJELAJAH hutan dan menyelami samudera di bagian barat Jakarta seperti isapan jempol belaka, di mana kota metropolitan ini terkenal dengan kesibukannya. Jadi, sungguh suatu ketidakmungkinan dapat memanjakan pikiran di ibukota tercinta ini.

Namun, siang tadi Okezone mampu menemukan sebuah tempat yang berhasil membuat jiwa dan raga seolah tidak sedang berada di Jakarta. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa! Pasalnya, dalam sebuah pusat perbelanjaan cukup ternama di bilangan Jakarta Barat, ikan-ikan, reptil, dan serangga dari berbagai belahan dunia dihadirkan. Sontak saja, rasa penat pun hilang!

Memasuki lantai bawah sebuah pusat perbelanjaan, hawa petualangan sudah cukup terasa. Okezone disambut suasana khas bawah laut. Mulai dari riak air, suara air, hingga ornamen karang yang cantik menyambut pandangan mata.

Baca juga: Perlukah Izin Tidak Masuk Kerja karena Pilek?

 Wisata alam jakarta (April)

Memasuki ruang penjelajahan, mata langsung disapa dengan desain yang membuat jiwa terasa bak di tengah hutan. Pohon-pohon berbatang besar lengkap dengan ranting dan dedaunannya membuat suasana kian hidup. Apalagi ditambah dengan kehadiran ikan-ikan di dalam kolam, berang-berang, landak, iguana yang bertengger di atas pohon di sisi jalan setapak yang dilalui pengunjung, hingga kecoak Madagaskar yang sedang asyik menikmati santap siangnya membuat para pengunjung semakin tergugah ingin terus menjelajah lebih dalam.

“Kecoak Madagaskar salah satu serangga unik yang dihadirkan di sini. Bisa dipegang dan jika dia merasa terusik karena sentuhan dapat mengeluarkan bunyi yang unik,” ucap Hans Manansang, Deputy Director PT Taman Safari Indonesia yang ditemui dalam acara Grand Launching Jakarta Aquarium, Jakarta Barat, Selasa (16/10/2018).

 Baca juga: Kunjungi Australia, Pangeran Harry dan Meghan Markle Antusias Bertemu Koala

Melangkahkan kaki lebih dalam dan memasuki rimba hutan buatan ini, Okezone kian terpukau dengan apa yang tersaji di hadapan mata. Bagaimana tidak, ada sebuah akuarium berbentuk tabung raksasa yang tingginya hampir mencapai langit-langit ruangan. Akuarium itu berisi ikan-ikan dan tumbuhan laut yang berenang bak menari dengan gemulai dan riang gembira.

 Jakarta Aquarium (April)

Desain interior di dalam ruangan kali ini dibuat seolah pengunjung sedang berada di bawah laut. Menyelam dan menyapa ikan-ikan dari seluruh belahan bumi, tapi tanpa basah dan mengenakan perlengkapan menyelam. Namun, tidak perlu khawatir, sensasi berada di bawah laut tetap terasa karena ada kawanan ikan buatan yang seolah mengiringi perjalanan menyusuri dunia bawah laut.

Ikan-ikan yang hadir menyapa pengunjung di tengah kota Jakarta tidak hanya dari jenis yang lucu saja, seperti ikan badut, ikan dory, atau ikan-ikan lainnya yang aman untuk disentuh di kolam sentuh. Namun, juga ada ikan-ikan predator, seperti hiu dan piranha, ikan pari berukuran besar, dan yang paling diminati pengunjung adalah ikan kerapu raksasa seberat 300 kilogram.

 Baca juga: Terapkan Hidup Sehat, Maudy Ayunda Suka Olahraga yang Lagi Tren

Tidak cukup sampai di situ saja, puas berenang tanpa basah dan bercengkrama dengan ikan-ikan, semakin dalam kaki melangkah ada zona ubur-ubur. Cukup beragam ubur-ubur yang dapat dilihat, seperti ubur-ubur chrysaora, ubur-ubur cokelat, ubur-ubur bulan, upside down ubur-ubur, dan hewan yang paling unik lainnya, yaitu nautilus, yang termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

“Mengajak anak-anak mengunjungi tempat edukasi, wisata, dan konservasi seperti ini dapat membuatnya mencintai keindahan, binatang, ikan, dan laut sejak dini. Hingga nanti saat sudah dewasa akan menyayangi dan menjaga lingkungannya,” ujar Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

(rzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini