nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Terapi DBT yang Dijalani Selena Gomez untuk Mengatasi Emotional Breakdown

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 16 481 1964713 mengenal-terapi-dbt-yang-dijalani-selena-gomez-untuk-mengatasi-emotional-breakdown-TfwpyYXP4E.jpg Selena Gomez (Foto: Hollywoodlife)

BEBERAPA waktu lalu artis Hollywood Selena Gomez dilarikan ke rumah skait karena kondisi kesehatannya yang menurun. Bukan hanya kesehatan fisik saja, dirinya juga dikabarkan mengalami gangguan emosi atau emotional breakdown yang berhubungan dengan kesehatan mentalnya. Kondisi itu membuat dia sempat berada di titik kritis karena beberapa kali histeris dan mencoba mencabut selang infus.

Sebelumnya perempuan berusia 26 tahun itu juga dikatakan mencari pengobatan untuk kegelisahan dan depresi . Salah satu pengobatan yang dilakukannya adalah terapi perilaku dialektik (DBT). Pengobatan ini sejenis terapi bicara yang membantu seseorang mengidentifikasi dan mengubah pola pikir serta perilaku negatif pada dirinya. Menurut asisten profesor psikologi klinis dari University of Washington, Adam Carmel, PhD, DBT mengajarkan cara-cara baru untuk mengatur emosi dan menoleransi penderitaan.

“Terapi ini menggabungkan banyak perhatian dan keterampilan untuk dapat mengendalikan pikiran. Sehingga seseorang tidak dikendalikan oleh pikirannya,” ungkap Adam seperti yang dikutip Okezone dari Health, Selasa (16/10/2018). Terapi ini mungkin belum begitu umum untuk kebanyakan orang. Tapi sebenarnya DBT sangat terstruktur dan pasien dapat belajar teknik khusus untuk mengatasi situasi yang menyakitkan atau stres.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Terapi ini biasanya dilakukan selama setahun dan melibatkan orang lain. Dengan begitu pasien dapat merasakan perubahan besar dalam dirinya. “Kadang-kadang pasien merasa lebih segar setelah pengobatan awal mereka. Tetapi pada umumnya mereka memiliki banyak keterampilan untuk dapat mengatasi krisis dan berkomunikasi secara efektif dalam hubungannya dengan orang lain,” jelas Adam.

selena gomez

Istilah dialektik adalah referensi untuk kekuatan yang berlawanan. Kekuatannya adalah penerimaan dan perubahan. Selama sesi terapi pasien belajar untuk menemukan keseimbangan antara menerima perjuangannya dan secara aktif bekerja untuk mengubahnya menjadi lebih baik. Terapis biasanya mengajarkan latihan kesadaran dan teknik mentolerir rasa sakit dalam situasi sulit.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Pada saat yang sama, terapis DBT membantu pasien berkomunikasi lebih efektif dengan orang-orang di sekitarnya sehingga mengurangi kerentanan terhadap perasaan sakit dan penolakan. Melalui terapi ini pasien juga dapat mengubah pola perilaku impulsif dan reaksi emosional yang intens. Salah satu teknik yang diajarkan adalah menenangkan diri dengan melibatkan penggunaan panca indra untuk menghilangkan stres seperti mendengarkan musik lembut, makan makanan favorit, atau mandi busa.

"Sering kali orang yang melakukan terapi DBT tidak memiliki banyak cara untuk mengatur emosi. Jika Anda mengajari mereka keterampilan bertahan hidup krisis, mereka belajar cara-cara yang lebih baik untuk mengatasinya, dan mereka dapat melewati krisis itu tanpa memperburuk keadaan,” pungkas Adam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini