nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati, Sering Mandi Malam Hari Bisa Akibatkan 5 Hal ini

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 16 481 1964738 hati-hati-sering-mandi-malam-hari-bisa-akibatkan-5-hal-ini-Eo29CKKce0.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MUNGKIN Anda sering mendapat teguran dari orang tua maupun orang-orang terdekat jika ingin mandi di malam hari. Mereka akan mengatakan pada Anda bahwa mandi di malam hari itu tidak baik. Namun, benarkah demikian?

Dilansir dari Steemit, Selasa (16/10/2018), mandi saat malam hari memang tidak baik. Anda bisa terkena berbagai penyakit seperti misalnya rematik, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah dampak dan bahaya bagi kesehatan tubuh apabila Anda mandi di malam hari.

1. Rematik

Rematik adalah penyakit autoimun, atau penyakit yang akan terjadi pada peradangan sendi, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasa nyeri. Penyebab rematik sendiri tidak terlalu jelas. Tetapi, menurut para ahli, penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang produktif.

Gejala rematik itu sendiri adalah seperti nyeri persendian, area persendian akan terasa hangat jika disentuh, sendi kaku di pagi hari, dan menurunnya fungsi sendi yang terkena peradangan. Penyakit ini memang tergolong tidak berbahaya. Tetapi jika ada gejala rematik, maka Anda harus segera menghubungi dokter. Dan jika Anda penderita rematik dan mandi di malam hari, maka gunakanlah air hangat. Karena, air yang dingin dapat memperburuk rematik Anda.

 (Baca Juga:Berbagai Jenis Obat Penumbuh Rambut, dari Kimiawi hingga Alami)

2. Asam urat

Selain rematik, mandi di malam hari juga dapat menyebabkan serangan asam urat. Penyakit ini sebenarnya akan terjadi karena zat purin akan memproduksi lebih banyak di dalam tubuh. Sehingga, kadar asam urat dalam tubuh juga akan meningkat. Hal ini juga dapat menyebabkan ginjal yang tidak dapat menampung atau membuang zat tersebut.

 

3. Demam

Pada malam hari, pori-pori tubuh akan melebar dan panas tubuh akan naik. Maka dari itu, Anda harus menghindari mandi di malam hari. Hal ini karena jika tubuh Anda yang ‘panas’ disiram dengan air dingin di malam hari, maka pori-pori yang terbuka akan menyebabkan tubuh Anda terserang demam.

 (Baca Juga:Kisah Harper Penderita Kanker Paru-Paru yang Sembuh Berkat Meditasi dan Yoga)

4. Metabolisme tubuh terganggu

Ketika Anda mandi di malam hari, maka Anda harus berhati-hati karena hal ini dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Karena, pada malam hari, tubuh Anda cenderung melemah dan membutuhkan istirahat. Jika Anda mandi dan pori-pori terbuka, maka air yang masuk ke tubuh akan menyebabkan gangguan pada hormon.

 

5. Penuaan dini

Bagi Anda yang sering mandi di malam hari, hati-hati terhadap penuaan dini. Mandi pada malam hari dapat mempercepat penuaan dini. Hal ini terjadi karena tubuh tidak menerima rangsangan air dingin ketika Anda mandi di malam hari. Karena, tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini