nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Tanda Anda Memiliki Gangguan Emosional seperti Selena Gomez

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 17:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 16 481 1964758 8-tanda-anda-memiliki-gangguan-emosional-seperti-selena-gomez-04Jm5ptGXM.jpg Selena Gomez (Foto: Mirror)

KONDISI Selena Gomez mulai berangsur pulih pasca dikabarkan mengalami gangguan emosional di rumah sakit. Sebelumnya ia dikabarkan berada dalam titik kritis karena beberapa kali histeris dan berusaha mencabut infus dari lengannya. Padahal saat itu dirinya sedang menjalani pengobatan karena jumlah sel darah putih yang rendah.

Melihat kondisinya itu, Selena memutuskan untuk mencari perawatan di fasilitas kesehatan mental, fasilitas psikiatri East Coast. Dirinya dikabarkan menjalani terapi perilaku dialektis yang dirancang untuk membantu orang yang mengalami gangguan kepribadian emosional. Dalam psikologi klinis, istilah gangguan emosional sebenarnya bukan istilah resmi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan psikologis.

Pada kasus mantan kekasih Justin Bieber tersebut, gangguan emosional dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi seperti kecemasan, serangan panik, trauma, dan lainnya. Dalam kebanyakan kasus, gangguan psikologis tidak didiagnosis apabila gangguan saraf lengkap belum terjadi.

Baca Juga: Mulailah Seks di Pagi Hari, Banyak Keuntungannya tapi Awas Jangan Telat Kerja Ya!

Istilah gangguan emosional juga dapat digunakan untuk menggambarkan kehancuran pribadi seorang individu yang tidak tahu bagaimana menghadapi keadaan saat ini. Biasanya orang tersebut mengalami episode tangisan tidak terkendali,menarik diri dari orang-orang sekitar, dan ketidakmampuan untuk terhubung dengan kehidupan sehari-hari.

Tidak menutup kemungkinan seseorang yang mengalami gangguan emosional dapat berkembang menjadi gangguan saraf. Gangguan ini biasanya dipicu oleh stres, tekanan, dan kecemasan yang berlebihan. Faktor risiko lain seperti kesedihan yang ekstrem, pengalaman traumatis, masalah keuangan yang serius, dan keluarga dengan kondisi kesehatan mental buruk bisa memicu.

Apapun penyebab atau alasannya, tanda-tanda gangguan saraf tidak boleh diabaikan. Sebab kondisi ini bisa diatasi dengan cepat melalui bantuan medis. Bila Anda melihat orang-orang sekitar mengalami tanda-tanda gangguan, cobalah untuk berbicara dengannya dan membantu meringankan bebannya. Dengan begitu kondisinya menjadi lebih baik secara mental, emosional, dan fisik. Atau mungkin Anda sendiri bisa mengalami gangguan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone dari TimesNowNews, Selasa (16/10/2018), tanda dan gejala gangguan saraf dapat bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya. Cobalah kenali tanda-tanda tersebut dengan menyimak ulasan berikut ini.

1. Gejala depresi, pada kondisi ini seseorang bisa merasa seperti kehilangan harapan dan pikiran bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

2.Perubahan suasana hati yang ekstrem atau ledakan emosi yang tidak dapat dijelaskan.

3. Serangan panik seperti ketakutan ekstrem, kesulitan bernapas, nyeri dada, dan lepas dari kenyataan.

4. Kecemasan dengan tekanan darah tinggi, pusing, sakit perut, dan gemetar.

5. Paranoia yang ditandai dengan kecurigaan irasional atau ketidakpercayaan terhadap orang lain.

6. Insomnia yaitu kesulitan untuk tertidur.

7. Halusinasi di mana seseorang melihat, mendengar, mencium, mencicipi, atau merasakan hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi.

8. Isolasi, kondisi ini membuat seseorang merasa terisolasi dan memiliki rasa harus berurusan dengan masalah sendirian saja. Dirinya juga dapat menarik diri dari keluarga, teman, dan rekan kerja.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini