nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengobati Luka Bakar Berdasarkan Tingkatannya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 06:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 16 481 1964803 cara-mengobati-luka-bakar-berdasarkan-tingkatannya-t2CBByMl7N.jpg Ilustrasi (Foto: Emphower)

INSIDEN tidak sengaja bisa saja terjadi saat Anda berada di dapur. Mulai dari jari tangan tergores pisau, kecipratan minyak panas, hingga mengalami luka bakar karena menyenggol panci panas. Kondisi ini tentu dapat membuat Anda merasakan nyeri yang cukup parah sehingga mulai mencari pertolongan.

Penanganan luka bakar tidak bisa dilakukan secara asal. Anda harus memerhatikan tingkat kemerahan dan bengkak pada kulit. Terlebih luka bakar bisa saja berisiko menyebabkan jaringan parut permanen, infeksi, dan konsekuensi lainnya. Untuk itu, penting mencari tahu cepat tingkat luka bakar dan cara mengobatinya.

Secara umum luka bakar bisa menembus semua lapisan kulit. Ada 3 tingkatan terhadap kondisi tersebut. Melansir Health, Rabu (17/10/2018), inilah cara mengobati luka bakar berdasarkan tingkatannya :

Tingkat pertama

Menurut dokter kulit Sonia Batra, MD, luka bakar diklasifikasikan berdasarkan tingkat keparahannya dan dapat dibedakan hanya dengan melihat reaksi kulit setelah insiden terjadi. Luka bakar tingkat pertama biasanya menyebabkan kulit menjadi merah dan sedikit membengkak. Untuk mengobatinya bisa meletakkan luka bakar di bawah air dingin dan mengambil acetaminophen atau ibuprofen bila terasa nyeri ringan. Lakukan dengan segera dan kemudian tutup luka bakar menggunakan perban atau kain steril yang steril. Hindari luka dari sinar matahari langsung.

Baca Juga: Ditilang Malah Ajak Polisi Seks Threesome, Selebgram Seksi Ini Tanggung Akibatnya

Luka bakar tingkat satu biasanya sembuh dalam 7-10 hari. Bila ingin proses penyembuhan berjalan lebih cepat, jangan pernah menaruh es di atasnya karena dapat membuatnya luka lebih buruk. Kompreslah luka dengan air dingin atau yang bersuhu kamar.

pengobatan luka

Tingkat dua

Luka bakar tingkat dua dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan awal. Kemudian kulit menjadi melepuh, memerah, nyeri, dan mengalami penebalan. Kondisi ini dapat menyirami luka bakar dengan air dingin selama minimal 15 menit dan mengoleskan obat nyeri yang dijual bebas. Sekali lagi, jangan gunakan es untuk meredakan nyeri. Saat lecet terbentuk, jangan berusaha memecahkan lepuhan karena dapat terjadi infeksi dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Untuk menyembuhkan lepuhan bisa digunakan salep antibiotik. Biasanya luka bakar tingkat dua sembuh dalam waktu sekira 3 minggu, tetapi tergantung dari kedalamannya karena memengaruhi epidermis dan dermis.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Tingkat tiga

Tingkat luka bakar ini adalah yang paling parah dan terdalam. Luka bakar tingkat tiga dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi coklat gelap dan menebal sangat banyak. Kadang-kadang warna kulit bisa menjadi putih, berlilin, dan kasar. “Luka bakar tingkat tiga dapat menyebabkan luka serius dan memiliki konsekuensi jangka panjang. Dengan demikian, jika Anda mengalami luka bakar tingkat tiga, segera hubungi medis, ”ungkap Dr. Sonia.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini