nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengatur Hidup Sehat pada Anak Penderita Obesitas

Noor Chotijah , Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 17:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 16 481 1964812 mengatur-hidup-sehat-pada-anak-penderita-obesitas-MQUT7a2gwB.jpg Obesitas pada anak dan penanganannya (Foto:Shutterstock)

 

PADA kalangan anak-anak, bahkan seringkali kita melihat ada yang memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan usianya. Obesitas tampaknya sudah tidak memandang umur, penyakit ini bisa menyerang usia anak.

Jika orang dewasa mempunyai berat badan berlebih, mungkin mereka bisa mengatur pola makannya dengan menerapkan diet. Tetapi apa yang terjadi jika obesitas atau berat badan berlebih ini terjadi oleh anak-anak? Apakah mereka harus melakukan diet rutin?

Sebenarnya pola diet itu cukup dilakukan oleh kalangan dewasa saja, anak-anak tidak dianjurkan diet. Lalu bagaimana mengatasi obesitas pada anak-anak? Inilah tips yang bisa diterapkan pada anak-anak seperti dilansir dari KidsHealt (16/10/2018).

Diet tidak untuk anak-anak

Semua manusia sangat membutuhkan energi di dalam tubuhnya, maka makanan dan minuman yang mengandung berbagai kalori harus dikonsumsi. Maka jika ingin melakukan diet, pastinya mengurangi porsi atau memilih jenis makanan yang memiliki karbohidrat yang rendah. Semua ini bisa dilakukan oleh kalangan dewasa.

Jadi anak-anak tidak dianjurkan untuk melakukan diet rutin. Pada dasarnya mereka masih bisa tumbuh dan berkembang dengan masanya. Jadi yang harus mereka lakukan, hanya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan yang mereka suka, akan memberikan dampak kepada anak menjandi super aktif. Dengan melakukan pola diet yang drastis, itu hanya akan memberikan dampak lebih menyakitkan untuk anak-anak.

(Baca Juga: Punya Kekayaan Rp 47,2 Triliun, Miliarder Termuda di Dunia Pilih Jadi Model)

(Baca Juga: Aurel Hermansyah Tampil Seksi dengan Dress Hijau Neon, Lekuk Tubuhnya Menggoda!)

(Baca Juga: Dari Ukuran Kecil hingga Jumbo, Ini 5 Roti Tradisional Paling Populer)

 

Diet mengurangi berat badan

Jika sudah merasa berat badan yang berlebih memang diet adalah upaya yang paling dipilih. Jika ingin berkonsul masalah berat badan, silahkan meminta dokter Anda untuk memeriksa Indeks Masa Tubuh (BMI). Jika Anda berkonsul tentang diet anak, memang ada dokter yang menyarankan hal tersebut. Boleh saja asal dengan bantuan dokter, agar penurunan berat badan anak bisa berjalan dengan sehat.

Diet berbahaya untuk anak

Jika anak-anak mengurangi kandungan kalori dan makanan bergizi, itu jelas sangat tidak baik untuk perkembangan mereka. Apalagi jika ada anjuran meminum pelangsing secara instan, seperti, teh diet, pil atau obat-obatan lainnya. Itu harus dijauhkan, apalagi oleh anak-anak itu jelas sudah dilarang.

Anak-anak harus lakukan hal sehat, seperti beraktifitas yang cukup untuk menyeimbangkan energi jika memiliki asupan yang berlebih. Dan mengkomsumsi makanan sehat yang terjangkau dari orangtua.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini