nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kebiasaan Ini Bisa Perpanjang Umur dan Minimalisir Risiko Penyakit Kronis

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 22:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 16 481 1964917 5-kebiasaan-ini-bisa-perpanjang-umur-dan-minimalisir-risiko-penyakit-kronis-T8QKJlQhqh.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

DALAM hitungan hari mungkin saja akan terjadi musim pancaroba yaitu peralihan dari musim panas ke musim hujan. Biasanya pada saat itu banyak orang yang mudah terserang penyakit karena perubahan cuaca. Beberapa orang mungkin mencoba meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya agar terhindar dari penyakit.

Ahli imunologi Dr Jenna Macciochi menuturkan ada 5 langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Berikut ulasannya seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Selasa (16/10/2018) :

 Baca juga: Mulailah Seks di Pagi Hari, Banyak Keuntungannya tapi Awas Jangan Telat Kerja Ya!

Mengurangi stres

Setiap orang memang bisa mengalami stres. Namun stres dalam jangka panjang umumnya berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh karena memperburuk peradangan yang tidak terkendali dan mendorong penuaan sel-sel kekebalan. Stres juga dapat mengurangi jumlah sel imun yang bersirkulasi. Untuk tetap sehat, seseorang perlu meminimalkan stres kronis atau yang terjadi dalam jangka panjang. Selain itu, memaksimalkan waktu tanpa stres dan mengoptimalkan respon stres jangka pendek.

Istirahat yang cukup

Istirahat adalah kunci utama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab bila seseorang terlalu lelah maka dia akan lebih mudah terserang flu atau pilek. Durasi dan kualitas tidur adalah prediktor penting untuk kerentanan tubuh terhadap pilek dan flu. Ketika tidur, terjadi perubahan besar terhadap jumlah sel kekebalan serta fungsi dan distribusi. Sistem kekebalan tubuh bergantung pada durasi tidur untuk menghasilkan sejumlah sel kekebalan yang sehat serta menyingkirkan sel lebih tua dan berpotensi disfungsional.

 

Memberikan makanan yang baik untuk usus

Sebagian besar sel kekebalan berada di dalam usus dengan jumlah diperkirakan mencapai hampir 70%. Oleh karenanya, kekebalan tubuh sangat berkaitan erat dengan kesehatan usus. Usus yang sehat membuat tubuh lebih mampu menyerap gizi secara optimal dari makanan yang dikonsumsi. Perbanyaklah makanan berserat dan usahakan untuk menerapkan pola diet seimbang.

Menggerakkan tubuh

Saat musim hujan nanti, bukan berarti olahraga tidak bisa dilakukan. Sebaliknya, olahraga tetap dibutuhkan karena aktivitas fisik reguler bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Menjadi aktif membuat tubuh lebih memiliki ketahanan terhadap infeksi.

 Baca juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Dapatkan cukup vitamin D

Sebagian besar vitamin D berasal dari paparan kulit dari sinar matahari, namun saat musim hujan mungkin saja menjadi sulit mendapatkannya. Padahal kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Jadi pastikan tubuh mendapatkan vitamin D yang cukup. Bisa dari makanan atau suplemen.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini