nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia, Tiga Arloji Paling Tipis di Dunia

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 17 194 1965194 ini-dia-tiga-arloji-paling-tipis-di-dunia-3d4mnVX0jd.jpg Arloji paling tipis di dunia (Foto:Newyorkpost)

ARLOJI atau jam tangan jadi aksesori yang begitu penting kehadirannya bagi sebagian orang. Baik itu bagi kaum pria ataupun kaum wanita.

Terlepas dari perannya sebagai penunjuk waktu, pemakaian arloji untuk para penggunanya juga sebagai pelengkap penampilan. Saking pentingnya, tak heran kita kerap mendengar ungkapan rasanya "seperti telanjang" ketika sampai lupa mengenakan arloji saat beraktivitas di luar rumah.

Bicara perihal arloji, tahukah Anda bahwa hanya ada segelintir label-label perusahaan pembuat jam tangan yang memiliki otoritas untuk membuat jam tangan yang desain awalnya sudah kecil menjadi lebih kecil lagi hingga ke ukuran absolut minimal? Di antaranya, yakni Piaget, Bulgari dan Breguet.

 Kesal Bahunya Disandari, Pria Ini Pukul Kepala Seorang Wanita dengan Ponsel

Pertama ada Piaget, yang pada tahun 1957 telah memperkenalkan arloji manual 9P dengan desain hanya memiliki sekitar 2 milimeter. Dengan mengeluarkan arlojo seri ini, Piaget hadir sebagai merek yang punya otoritas dalam pembuatan jam ultra-tipis. Kemudian Piaget mengeluarkan arloji ultra tipis lainnya, yakni Altiplano Ultimate Automatic 910P yang hanya memiliki ketebalan 4,3 milimeter, hadir dengan desain dua warna yaitu rose gold dan putih keemasan. Seri rose gold disebutkan dijual seharga USD27300 atau kurang lebih Rp414,4 juta, sedangkan yang putih keemasan dibanderol seharga USD28400 atau sekira Rp431,1 juta.

Arloji super tipis lainnya diketahui diproduksi oleh Bulgari, walau bisa dibilang sebagai pendatang baru untuk produk jam tangan ultra-tipis tapi untuk produk perdana Bulgari langsung mengeluarkan Octo Finissimo Tourbillon Automatic yang diketahui hanya memiliki ketebalan 3,95 milimeter, mengalahkan jam tangan 910P.

 Cara Cerdik Meghan Markle Sembunyikan Kehamilannya, Publik Pun Tertipu

Lalu terakhir ada pembuat jam tangan legendaris, Abraham-Louis Breguet yang ternyata sudah mematenkan mekanisme tourbillon sejak tahun 1801. Untuk jam tangan, Breguet masih fokus untuk menyempurnakan spinning escapement yang tujuannya untuk meminimalisasi efek gravitasi pada presisi. Tahun ini, Breguet mengeluarkan jam tangan Classique Tourbillon Extra-Plat Automatique 5367 dilengkapi dengan dialing enamel Grand Feu, dengan tingkat ketebalan hanya 7,45 milimeter saja. Soal harga, arloji mewah ini dijual dengan banderolan harga senilai USD147500 atau kurang lebih Rp2, 2 milyar. Demikian seperti diwarta Nypost, Rabu (17/10/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini