Antara Hamburger dan Hotdog, Mana yang lebih 'Beracun'?

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 17 Oktober 2018 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 17 298 1965119 antara-hamburger-dan-hotdog-mana-yang-lebih-beracun-k5tdrF0wN4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JIKA Anda harus memilih saat acara makan-makan antara Hamburger atau Hot Dog, pasti disesuaikan oleh selera Anda. Namun, bagaimana kalau memikirkan kesehatan Anda?

Mengutip laman daily meal, Jakarta, Rabu (17/10/2018), seorang ahli diet Amy Margulies memberikan solusi untuk Anda mempertimbangkannya. Salah satunya mengenai kalori kedua makanan tersebut.

Dia mengatakan, bila berbicara mengenai kalori, hot dog mungkin akan menjadi pilihan yang cerdas. “Hot dog cenderung lebih rendah dalam kalori secara keseluruhan,” kata Margulies.

“Dari sisi buruk, hot dog mendekati 200 kalori, dan pilihan Anda yang lebih baik bisa di bawah 100 atau sekitar 120 kalori. Sementara itu hamburger, Anda melihat setidaknya 250 kalori untuk hamburger,” tambahnya.

Baca Juga: Tengok 5 Foto Manja Rini Puspitawati, Pemandu Lagu Seksi yang Kecelakaan Bersama Suami Orang

Namun, Burger kalkun dan burger vegan pengecualian. Hal ini dikarenakan kalorinya lebih rendah dari hamburger biasa bahkan dari hot dog sendiri. Dibandingkan hotdog yang sekira 200 kalori, burger mempunyai hampir 620 kalori.

“Burger daging sapi rata-rata Anda bisa sekitar 300 kalori, rotinya 150 kalori, ditambah sepotong keju menambah 80 kalori, jika Anda menambahkan mayo, itu berarti 90 kalori lagi, dan tiba-tiba Anda hampir mencapai 620 kalori untuk hamburger Anda," ujarnya.

Begitu pula dengan burger lainnya seperti kalkun, di mana Anda sendiri tidak mengetahui cara memasaknya. “Mereka bisa membuang lemak ekstra, menggunakan bagian daging yang paling gemuk,” dia memperingatkan.

Tetapi ada beberapa yang perlu dipertimbangkan dengan hot dog seperti merek, karena hot dog dapat mengandung tingkat sodium yang sangat tinggi. Plus, merek-merek tertentu lebih diproses daripada yang lain. "Mereka bisa membuang semua aditif di sana, Anda tidak tahu apa yang Anda dapatkan," ujarnya.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Tampil Seksi dengan Dress Hijau Neon, Lekuk Tubuhnya Menggoda!

Skenario terbaik adalah mengetahui merek hot dog yang Anda konsumsi, disarankan memilih merek yang mengandung 6 gram atau lebih sedikit lemak jenuh.

Dan jika Anda memilih hamburger, ada beberapa tambahan yang bisa Anda buat. Isilah burger Anda dengan sayuran. Tambahkan paprika, atau masukkan patty Anda dengan selada, tomat, dan bawang.

Anda juga bisa memotong burger dan menaruhnya di atas salad, sarannya. Namun, pada akhirnya pilihan yang satu ini tidak akan membuat perbedaan besar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini