Kismis Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah, Benarkah?

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 17 481 1965392 kismis-bisa-membantu-menurunkan-tekanan-darah-benarkah-FGLLekTct6.jpg Kismis (Foto: Youtube)

KISMIS merupakan buah yang memiliki ukuran yang kecil daripada buah lainnya. Untuk melihat manfaat buah tidak bisa dilihat dari ukuran tetapi kandungannya. Meskipun berukuran kecil, kismis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kismis mengandung serat tinggi, vitamin serta mineral. Selain itu, buah mungil ini juga dapat membantu kesehatan pencernaan.

Kismis sering digunakan sebagai camilan sehat, makanan penutup atau sebagai isian kue dan roti. Nah, selain dapat membantu kesehatan pencernaan, buah kismis dapat membantu menjaga tulang agar tetap kuat, meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan menyingkirkan demam. Melansir dari Indianexpress, Kamis (18/10/2018), kismis dapat membantu Anda tetap bugar dan sehat, berikut 5 manfaat mengonsumsi kismis!

(Baca Juga: Sudah 6 Tahun Menikah Wanita Ini Masih Perawan)

Menurunkan tekanan darah

Menurut penelitian dari American Scientific of Cardiology's 61st Annual Scientific Session, mengonsumsi segenggam kismis dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian lain juga mengungkapkan individu yang memiliki tekanan darah ringan (prehipertensi) mengonsumsi kismis secara rutin, minimal tiga kali sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Kismis tinggi akan kalium yang membantu mengontrol tekanan darah.

Mengobati anemia

Kismis kaya zat besi dan vitamin B-kompleks. Bagi Anda penderita anemia, Anda bisa mengonsumsi beberapa kismis setiap hari. Kismis merupkan sumber tembaga yang baik untuk menghasilkan sel darah merah yang baru.

 

Kesehatan tulang dan gigi

Kismis mengandung sekira 36 miligram kalsium per-setengah cangkir. Kalsium yang terkandung dalam kismis memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Selain itu, kismis juga mengandung boron, yaitu unsur mineral yang diprcaya dapat menjaga kesehatan tulang dan mengurangi gejala osteoarthritis.

Mengobati demam

Sebuah penelitian dari Journal of Food Science mengungkapkan buah kismis memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi suhu tubuh saat sedang demam. Kismis memiliki beberapa sifat antioksidan dan antibiotic yang membantu menangkal infeksi virus dan bakteri di dalam tubuh.

(Baca Juga: Kembali Bertemu dengan Janda, Kali Ini Pangeran Harry Bawa Meghan Markle)

Mengobati sembelit

Sembelit terjadi ketika Anda kesulitan untuk buang air besar. Perut juga merasa tidak nyaman karena sembelit membuat Anda tidak rutin buang air besar. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Anda harus rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Kismis merupakan buah yang kaya akan serat. Serat dapat membantu masalah pencernaan dan membantu untuk mengontrol kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang buruk dalam tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini