nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Langkah Bangun Anak Milenial Jadi Pengusaha

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 09:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 18 196 1965548 4-langkah-bangun-anak-milenial-jadi-pengusaha-yGJTehqqYN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGIAN besar anak muda milenial saat ini kerap bingung dan kesulitan dalam menentukan masa depannya. Mereka tidak tahu profesi apa yang akan mereka geluti di masa depan, entah menjadi pegawai swasta atau menjadi seorang wirausaha di bidang yang mereka sukai.

Terkadang berbagai hambatan seperti kurangnya pengalaman dan juga pengetahuan tentang seluk beluk bisnis menjadi salah satu masalah yang dihadapi generasi milenial. Selain itu faktor ekonomi atau permodalan menjadi hal lain yang membuat anak-anak milenial enggan berwirausaha.

Namun, sejatinya pikiran tersebut harus dibuang jauh-jauh. Founder Founda, Albert Palit, menegaskan para generasi milenial seharusnya bisa mewujudkan mimpi-mimpi mereka dengan berwirausaha. dia mengatakan bahwa sesuatu tidak ada yang tidak mungkin tanpa usaha dan kerja keras.

Baca Juga: 4 Perempuan Menari Erotis di Upacara Pemakaman Sahabatnya, Videonya Viral di Medsos!

Albert menjelaskan bahwa anak-anak milenial harus bisa lebih aktif dan kreativ dalam mengembangkan impian mereka. Semakin banyaknya influencer muda yang berbakat dan memiliki latar belakang yang bervariasi bisa menjadi pelecut semangat untuk berwirausaha.

“Saat ini banyak sekai inspirator muda yang tidak hanya ada dalam dunia maya, namun hal itu juga ada dalam dunia nyata. Hal inilah yang bisa dimanfaatkan oleh generasi millenial untuk memiliki semangat dan jiwa berwirausaha sesuai dengan cita-cita yang diharapkan,” tegas Albert saat dijumpai Okezone di Pluit.

Tak hanya itu, Albert juga membagikan tips yang dibutuhkan seseorang agar bisa menjadi seorang wirausaha. Menurutnya ada empat hal penting yang harus dilakukan.

Baca Juga: Teh Sariwangi Jatuh Pailit, Meme-Meme Iklan #Ayahbolehgak Ramai di Medsos

1. Know your market

Sebelum memulai usaha, ada baiknya Anda mencari dahulu usaha apa yang hendak dikembangkan. Anda harus bisa memetakan siapa yang akan menjadi pelanggan dan menjadi rekan kerja. Beberapa anak millenial mengatakan mencari pekerjaan itu sulit, namun bagi pengusaha yang tersulit itu adalah mencari rekan kerja.

2. Know your momentum

Sebagai seorang wirausaha, Anda tidak boleh melewatkan momen yang ada. Anda harus bisa menemukan waktu di mana harus berinovasi dan mengikuti tren yang ada saat ini.

3. Unleash your potential

Sebagai calon wirausaha, Anda sudah seharusnya mengetahui keterampilan dan bakat yg dimiliki. Fokuslah pada kekuatan diri sendiri dan pergunakan itu sebagai modal utama Anda dalam berwirausaha.

4. Push

Push terdiri dari tiga bagian. Push your partner, push employee, and push your God. Push your partner artinya Anda harus mendorong partner anda untuk sama-sama bersemangat dalam mengembangkan usaha yang dijalankan. Push employee artinya sebagai seorang wirausaha, Anda harus mendorong dan memecut kinerja pegawai agar dapat lebih produktif dan lebih baik lagi.

Push your God berarti Anda tidak boleh lupa untuk meminta jalan keluar dan pencerahan kepada Tuhan. “Semua kesuksesan ditentukan oleh Tuhan, jadi harus selalu yakin dan pray until something happen,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini