nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kesalahan Membuat CV, Ini yang Bikin Kamu Sulit Dapatkan Pekerjaan!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 22:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 10 18 196 1965949 4-kesalahan-membuat-cv-ini-yang-bikin-kamu-sulit-dapatkan-pekerjaan-kdGYBiotw6.jpg CV (Shutterstock)

BAGI sejumlah orang, mendapatkan pekerjaan terasa sangat sulit. Sudah melamar ke berbagai perusahaan namun belum kunjung mendapatkan panggilan untuk wawancara. Padahal mungkin saja mereka adalah tenaga kerja yang kompeten atau dibutuhkan perusahaan.

Tapi terkadang, penyebabnya bisa datang dari dalam diri pelamar itu sendiri. Entah itu lamarannya kurang menarik atau bahkan ada kesalahan di resume atau CV. Melansir Independent, Kamis (18/10/2018), inilah 4 kesalahan yang sering muncul dalam penulisan lamaran atau CV :

 Baca juga: Ikan di Perairan ini Horny Massal, Ini Penyebabnya!

Lamaran Kerja

Foto

Banyak perusahaan yang menganggap penggunaan foto di resume adalah sesuatu yang tidak perlu. Seorang ahli bernama Robin Schlinger mengatakan bila foto bisa dipasang bila pelamar merupakan model atau orang terkenal. Akan tetapi, zaman sekarang banyak pula yang menambahkan foto agar terlihat kreatif. Untuk yang satu ini bisa diakali dengan penggunaan foto formal dengan ukuran tidak terlalu besar atau bisa juga menuliskan tautan yang dapat melihat foto seperti LinkedIn.

 Baca juga: Niat Minta Tolong, Foto Wanita Ini Malah Jadi Korban Keisengan Netizen

Posisi pekerjaan

Dulu mungkin orang melamar dengan menyertakan posisi pekerjaan yang diinginkan. Menurut CEO di Professional Resume Services, Erin Kennedy menuliskan posisi sudah tidak diperlukan. Sebaliknya, seseorang perlu menuliskan ringkasan singkat tentang riwayat pekerjaan. Jangan lupa untuk menyertakan keterampilan atau prestasi yang mendukung serta menyangkut posisi yang dilamar.

 Wawancara kerja

Referensi

Beberapa pelamar mungkin ada yang menggunakan kata-kata 'referensi tersedia atas permintaan' pada resumenya. Sebaiknya hindari penulisan kata-kata tersebut karena pihak perusahaan tidak akan mengacuhkannya. Sebaliknya, langsung jelaskan saja keterampilan yang dimiliki.

 Baca juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Menuliskan keterampilan yang tidak perlu

Seseorang harus selalu mampu mengembangkan dirinya. Hal ini juga dapat memperbarui resume karena keahlian atau keterampilan lain yang dimiliki. Ini membuktikan bila pelamar benar-benar berkompeten. Sebaliknya, tinggalkan penulisan keterampilan yang tidak perlu. Salah satunya adalah 'mampu mengoperasikan Microsoft Office'. Hindari juga penulisan keterampilan yang tidak sesuai dengan posisi yang dilamar.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini