Legitnya Kue Putu, Ngangenin

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 18 298 1965629 legitnya-kue-putu-ngangenin-CILP62T0Xq.jpg Legitnya kue putu bikin kangen (Foto:Beranda)

SEDANG kangen dengan kue tradisional Nusantara? Berkunjung ke event kuliner yang sekarang makin banyak diadakan di mal bisa menjadi pilihannya.

Salah satunya di acara Indonesia Kaya Rasa di Mall Margo City Depok yang berlangsung pada 8-21 Oktober 2018, Anda bisa menemukan jajanan kue tradisional. Di sini sekitar 50 jenis makanan Nusantara yang beragam akan memenuhi hasrat kuliner Anda. Namun, kali ini perburuan akan makanan manis sambil ingin bernostalgia dengan kue jajanan pasar terlihat lebih menarik dibanding memilih makanan berat. Saat KORAN SINDO datang ke event ini, salah satu stan yang menjual jenis kue putu terlihat menarik untuk dicoba. Kue putu dikenal sebagai jenis kue Nusantara yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar.

Kue ini di kukus dengan diletakkan di tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan biasa dijual saat malam. Saat ini kue putu dibuat menggunakan kukusan modern, seperti panci kukus. Namun, pedagang kue putu yang KORAN SINDO temui masih menggunakan cetakan dari bambu. Ada suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi penanda suara bagi pedagang yang berjualan. Kebanyakan warna kue putu ini adalah putih dan hijau. Rasa kue putu ini utamanya dari tepung beras yang di tengah nya terdapat gula jawa. Tidak terlalu manis, tetapi se di kit ada rasa asin gurih yang ber asal dari daging kelapa parut.

(Baca Juga: 5 Foto Kemesraan Hewan yang Bikin Anda Meleleh)

(Baca Juga: Paling Subur Sedunia, Wanita Berusia 40 Tahun Ini Lahirkan 44 Anak)

(Baca Juga: Niat Minta Tolong, Foto Wanita Ini Malah Jadi Korban Keisengan Netizen)

Selain putu yang dibuat dengan dikukus menggunakan bambu, ada jenis putu mayang yang juga menggunakan bahan utama tepung kanji atau te - pung beras. Namun, putu ma - yang ini berbentuk seperti mi. Di Indonesia, kue ini meru - pakan bagian dari seni kuliner Betawi sehingga masih cukup mudah ditemukan sebagai kue jajanan pasar. Cara menikmati kue putu mayang yaitu dengan menyiram gula merah dan santan atau memberi tam bahan sedikit taburan kelapa pada gula putu mayang tersebut.

Satu lagi jenis kue putu yang juga harus Anda coba, yaitu kue putu ayu yang berwarna hijau, dicetak dalam cetakan yang membentuk seperti bunga. Penampilan dan warnanya yang cantik hijau muda berasal dari daun suji dengan kelapa parut seperti salju di atasnya membuat kue putu yang satu ini disebut sebagai putu ayu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini