Share

Ini Dia 4 Makanan Tertua di Dunia, Nomor 2 Pernah Dimakan Mumi!

Firda Janati, Okezone · Kamis 18 Oktober 2018 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 18 298 1965681 ini-dia-4-makanan-tertua-di-dunia-nomor-2-pernah-dimakan-mumi-I2bt8XXLat.jpg Pancake (Foto: Boldsky)

MAKANAN menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia. Tanpa makanan, manusia tidak akan mempunyai energi untuk tetap hidup. Berbagai macam makanan terdapat di bumi ini, jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan. Mulai dari makanan yang manis, asin, pahit dan asam.

Dari jumlah ribuan makanan tersebut, apakah kamu tahu makanan apa yang paling tertua di muka bumi ini? Nah, ternyata terdapat sedikitnya 5 makanan tertua di bumi loh. Mau tahu apa saja? Berikut Okezone informasikan sebagaimana dilansir dari Boldsky, Kamis (18/10/2018)

1. Wine

Minuman berfermentasi ini telah terkenal dari zaman kuno. Wine dianggap sebagai bagian penting dari gaya hidup pada zaman Romawi kuno. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai bukti arkeologis bahwa wine merupakan minuman berfermetasi anggur yang sangat populer di kalangan manusia sebelum munculnya Roma.

wine

2. Pancake

Makanan ini biasanya disajikan pada saat sarapan bersamaan dengan susu dan buah. Pancake merupakan salah satu makanan manis yang banyak disukai orang. Sejarah pancake berkaitan dengan ditemukannya mumi pada tahun 1991 di Pegununan Alpen, Italia.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Radang Paru, Vape Ternyata Tak Lebih Baik dari Rokok!

Mumi tersebut ialah Otzi Si Manusia Es, diperkirakan ia hidup pada tahun 3.300 sebelum masehi. Menurut para peneliti, makanan terakhir yang dikonsumsi Otzi yaitu daging kambing, rusa merah dan pancake gandum yang dimasak di atas api terbuka.

pancake

3. Cokelat

Siapa sih yang nggak suka makanan manis satu ini? Cokelat merupakan makanan yang banyak digemari setiap kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah, apa kamu tahu ternyata cokelat merupakan makanan tertua loh!

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Es Teh, Waspada 5 Penyakit Berbahaya Ini Mengintai Anda

Para arkeolog menemukan bukti produksi cokelat di antara orang-orang Olmec kuno di Meksiko. Para ilmuwan kemudian menguji bagian dalam pot dengan theobromine kimia, hasilnya mereka menemukan indikator cokelat yang sangat otentik.

cokelat

4. Madu

Makanan satu ini ternyata merupakan makanan tertua loh. Selain berkhasiat bagi kesehatan. Madu juga memiliki sifat antiseptik. Menurut para ilmuwan, keberadaan madu telah ditemukan sejak 5.500 tahun yang lalu. Para peneliti menemukan guci di sebuah makam lama di Georgia. Madu yang terdapat pada guci ini dianggap sebagai madu tertua di dunia.

madu

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini