nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak yang Tidak Sadar, Konsumsi Jenis Obat Ini Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 20:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 18 481 1965912 banyak-yang-tidak-sadar-konsumsi-jenis-obat-ini-bisa-picu-tekanan-darah-tinggi-MHh0JYveM2.jpg Ilustrasi obat-obatan (Foto: Conversation )

TIDAK ada orang yang ingin sakit. Tapi terkadang, kondisi tubuh dapat memicu seseorang terserang penyakit. Salah satunya bila tekanan darah terlampau tinggi. Tekanan darah tinggi dapat berbahaya jika tidak ditangani karena meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius seperti serangan jantung dan stroke.

Saat tekanan darah terlalu tinggi akan memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah, jantung dan organ. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius yang menyerang pembuluh darah. Sayang bila tekanan darah terlalu tinggi tidak dapat diketahui secara langsung. Oleh karenanya banyak yang terlambat melakukan pencegahan.

Atas dasar itulah, banyak ahli yang menyarankan agar dilakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur. Terlebih hingga saat ini, penyebab tekanan darah meningkat belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang dapat memicunya. Salah satu faktor utama adalah usia.

BACA JUGA:

 Berjerawat, Alasan Keira Knightley Kenakan Kosmetik

Penyebab lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko antara lain riwayat keluarga, etnis, kurang olahraga, terlalu banyak makan garam, kelebihan berat badan, minum terlalu banyak alkohol, dan merokok. Melihat hal ini, maka perubahan gaya hidup sehat dapat membantu menjaga tekanan darah pada tingkat normal. Tindakan yang dapat dilakukan adalah konsumsi makanan rendah lemak, berserat ting seperti buah dan sayuran, serta mengurangi garam.

 

Kurang olahraga juga merupakan kebiasaan yang harus diubah. Sebab secara tidak langsung kebiasaan ini dapat membuat berat badan bertambah, terlebih bila sering konsumsi makanan tidak sehat. Bila sudah begitu, maka bisa terjadi obesitas yang memperbesar kemungkinan tekanan darah tinggi.

Cobalah untuk rutin berolahraga setidaknya 5 kali seminggu selama 30-60 menit. Kehilangan hanya beberapa kilogram saja dapat membuat perbedaan besar untuk tekanan darah. Sebab menjadi aktif dan berolahraga teratur membantu menjaga jantung dan pembuluh darah dalam kondisi baik.

 (Baca Juga:6 Gaya Kulineran Mabel Goo, Pramugari Cantik yang Viral di Media Sosial)

Di sisi lain, 1 dari 20 kasus tingginya tekanan darah dipicu oleh obat-obatan tertentu. Pil kontrasepsi oral kombinasi, obat steroid, obat anti-inflamasi non-steroid seperti ibuprofen, beberapa obat batuk dan pilek yang dijual bebas, serta sejumlah antidepresan dan obat-obatan rekreasional harus diperhatikan tingkat konsumsinya. Penyakit ginjal, diabetes, infeksi ginjal jangka panjang, masalah hormon, dan lupus juga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini